Pengangguran, Perguruan Tinggi juga Punya Beban...

Kompas.com - 10/02/2011, 14:34 WIB
EditorErlangga Djumena

DEPOK, KOMPAS.com - Perguruan tinggi harus mampu merencanakan career development bagi calon-calon lulusannya untuk meminimalisasi angka pengangguran, karena setiap tahun selalu bertambah jumlah lulusan dari perguruan tinggi. Jalan terbaik saat ini, perguruan tinggi harus memperluas sinergi dengan industri atau mencari industri mitra yang semakin pesat.

Demikian diungkapkan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar usai membuka penyelenggaraan "UI Career & Scholarship Expo XI-2011", Kamis (10/2/2011), di Balairung UI, Kampus UI, Depok.

Ia mengungkapkan, semakin banyaknya penyelenggaraan eksebisi atau bursa kerja seperti di UI ini membuktikan, bahwa sinergi antara perguruan tinggi dan industri semakin terjalin dan harus terus diperkuat. "Kegiatan ini sangat relevan karena sesuai dengan kondisi real yang dihadapi Indonesia saat ini, yaitu tingkat pengangguran yang masih tinggi," ujar Muhaimin.

Berdasarkan laporan terakhir Badan Pusat Statistik pada Agustus 2010 lalu, masih sekitar 7,14 persen atau sekitar 8,3 juta orang dari 116,5 juta angkatan kerja yang menganggur. "Masih ada 30 persen tenaga kerja Indonesia yang belum terserap oleh pasar kerja, utamanya lulusan perguruan tinggi yang terus bertambah setiap tahun. Ada dua penyebabnya, pertama informasi yang tidak sampai ke para lulusan, yang kedua adalah faktor kualifikasi dan kompetensi lulusan baru yang ingin cari kerja. Nah, yang kedua ini yang paling penting dipikirkan perguruan tinggi," tambah Muhaimin.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Penelitian, Kerjasama dan Industri Universitas Indonesia (UI) Sunardji mengatakan, "UI Career & Scholarship Expo" merupakan eksebisi tahunan yang digelar oleh Career Development Center (CDC) UI untuk menjembatani kebutuhan pasar kerja dan tenaga kerja lulusan perguruan tinggi.

Ia menambahkan, CDC UI dibentuk sebagai pusat pengembangan karir dan kualitas sumber daya manusia di bawah Direktorat Hubungan Alumni UI. "Ini bertujuan untuk mendekatkan dunia pendidikan dan dunia usaha secara interaktif terkait kebutuhan informasi ketenagakerjaan, di sisi lain juga untuk memberikan informasi beasiswa yang ditawarkan oleh lembaga donor beasiswa maupun institusi pendidikan kepada lulusan yang akan melanjutkan studinya setelah lulus strata sarjana," papar Sunardji.

Adapun "UI Career & Scholarship Expo XI- 2011" digelar mulai Kamis (10/2/2011) hingga Sabtu (12/2/2011), di Balairung UI, Depok. Eksebisi ini diikuti 68 perusahaan dan 14 lembaga pendonor beasiswa seperti PT Pertamina (Persero), Standard Chartered Bank, PT Procter & Gamble Home Product Indonesia, PT Astra International, Total E & P Indonesie, Education USA-AMINEF, Campus France, Embassy of Japan (Education Section), Uni Eropa (Erasmus Mundus), dan lain-lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.