Beasiswa Fulbright dari AS Dibuka Lagi

Kompas.com - 10/02/2011, 18:42 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

DEPOK, KOMPAS.com - Program beasiswa Fulbright dari Pemerintah Amerika Serikat (AS) yang digelontorkan melalui The American Indonesian Exchange Foundation (Aminef) Indonesia kembali dibuka untuk periode 2011/2012. Batas waktu pendaftarannya sampai 30 April 2011, sementara perkuliahan baru akan dimulai pada 2012 mendatang.

Demikian dipaparkan oleh Senior Advisor The American Indonesian Exchange Foundation (Aminef) Indonesia, Antje M Harsono, kepada peserta presentasi Aminef di seminar beasiswa Fulbright di "UI Career & Scholarship Expo XI" di Balairung UI, Kampus UI, Depok, Kamis (10/2/2011).

"Tahun lalu ada 120 beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa Indonesia untuk seluruh jenjang studi. Tahun ini bisa lebih atau sama, tetapi jumlah alokasi beasiswa untuk PhD lebih banyak, bisa sekitar 40-an," papar Antje.

Ia mengungkapkan, pengalokasian itu disebabkan karena sampai saat ini Indonesia masih membutuhkan sumber daya manusia di bidang pengajaran atau dosen yang bergelar S-3. Hal tersebut, lanjut Antje, dijadikan pertimbangan oleh pemerintah AS sebagai pemberi beasiswa yang bekerjasama dengan Direktorat Ketenagaan-Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementrian Pendidikan Nasional.

Adapun seperti biasanya, beasiswa Fulbright-Dikti Scholarship Programs 2011 ini ditawarkan kepada masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan studinya di jenjang S-2, S-3, riset dan penelitian, serta studi nongelar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X