Lima Anak Berbakat TI Dijanjikan Hadiah

Kompas.com - 12/02/2011, 13:20 WIB
EditorLatief

BANDUNG, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menjanjikan hadiah khusus untuk lima anak berbakat di bidang teknologi informasi yang telah mempresentasikan temuan mereka di Institut Teknologi Bandung, Jumat (11/2/2011). Janji hadiah berupa laptop, buku, hingga server itu disampaikan Hatta saat bertemu kelima anak kreatif tersebut di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (12/2/2011).

Kelima anak tersebut adalah Arrival Dwi Sentosa (13), Taufik Aditya Utama (18), Muhammad Yahya Harlan (12) Fahma Waluya Rosmansyah (12), serta Hania Pracika Rosmansyah (6). Mereka tergabung dalam Kelas Juara Sekolah Komputer Anak Cinta Indonesia (SKACI) yang diadakan oleh STEI Institut Teknologi Bandung (ITB).

Taufik dan Arrival menciptakan program antivirus yang diberi nama Artav. Program antivirus yang namanya diambil dari nama kedua kakak-beradik ini tidak hanya mampu mendeteksi dan menghapus beragam virus, tetapi juga menawarkan fitur-fitur unik. Hingga saat ini Artav bisa mengatasi 1.031 jenis virus dan ratusan ribu varian lainnya.

"Kamu mau apa?" tanya Hatta kepada Taufik.

Taufik menuturkan, dirinya membutuhkan tambahan buku pemrograman.

"Akan tetapi, kakak saya memerlukan laptop baru, Pak," ujar Taufik, yang menjadi juru bicara kakaknya, Arrival.

Adapun Yahya memperkenalkan situs jejaring sosial buatannya, yakni SalingSapa.com. Media sosial mirip Facebook itu awalnya dibuat Yahya untuk kalangan keluarga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terkait dengan janji Menteri itu, Yahya meminta hadiah berupa server kepada Hatta. Server itu akan dia gunakan untuk mengembangkan kapasitas atau daya tampung situs ciptaannya. Sementara itu Fahma Waluya Rosmansyah dan Hania Pracika Rosmansyah masing-masing meminta laptop merek tertentu asal Amerika Serikat (AS).

Hatta mengatakan, keberadaan anak-anak berbakat tersebut adalah awal dari industri inovatif nasional. Pasalnya, kreativitas tidak ada batasnya. Kalaupun ada limitnya, itu adalah langit. Adapun uang ada batasannya.

"Meski berprestasi, mohon porsi waktu untuk sekolah tetap menjadi prioritas. Tetaplah memberikan kontribusi buat bangsa. Hanya yang terbaik yang dipilih bagi Indonesia yang kreatif," kata Hatta berpesan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.