Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Propaganda SBY Susupi SMP di Karanganyar

Kompas.com - 17/02/2011, 01:56 WIB

KARANGANYAR, KOMPAS.com Buku-buku propaganda tentang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan istrinya, Ani Yudhoyono, disebar ke sejumlah SMP di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Beberapa sekolah yang disusupi buku propaganda dari istana itu antara lain SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 4 Karanganyar. Di SMPN 4 Karanganyar, ada tujuh judul yang diterima, masing-masing judul terdiri dari empat buku, yakni Jalan Panjang Menuju Istana, Diplomasi Damai, Menata Kembali Kehidupan Bangsa, Merangkai Kata Menguntai Nada, Indahnya Negeri Tanpa Kekerasan, Adil Tanpa Pandang Bulu, dan Surat untuk Ibu Negara.

Buku-buku ini dimaksudkan untuk pengayaan mata pelajaran, seperti Bahasa Indonesia, Seni Budaya, dan Pendidikan Kewarganegaraan.

Menurut Kepala SMPN 4 Sukinto dan Kepala SMPN 1 Widodo secara terpisah, sekolah sekadar menerima buku-buku tersebut melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Karanganyar.

"Sekolah hanya menerima. Kebutuhan buku sekolah dulunya disusun oleh tim teknis yang dibentuk dinas yang berasal dari berbagai unsur," kata Widodo, Rabu (16/2/2011).

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Karanganyar Romdloni menyayangkan jika buku-buku tersebut benar dibeli dengan DAK yang menurutnya kurang pas. Hal ini terutama karena pada buku berjudul Jalan Panjang Menuju Istana dengan kulit buku berwarna biru ditemukan bagian yang bercerita tentang kampanye SBY pada pemilihan umum lalu.

Anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Karanganyar, Suparmi, mengatakan, pihaknya menerjunkan tim dan mendapati buku-buku tersebut dibagikan ke SMP negeri dan swasta.

Pihaknya akan mengkaji isi buku-buku tersebut. Jika ditemukan adanya muatan politik yang tidak sesuai roh pendidikan dan pembangunan karakter siswa, pihaknya akan merekomendasikan kepada dinas terkait dan bupati untuk menarik dan mengembalikan buku-buku tersebut.

Di SMPN 4, menurut Sukinto, buku-buku itu ditaruh di perpustakaan, tetapi belum boleh dipinjam siswa karena masih proses pelabelan. Akan tetapi, guru sudah diminta membaca untuk mempelajari isinya agar dapat menyampaikan secara proporsional.

Di SMPN 4, sebanyak 14 buku yang diterima bernilai total Rp 1.099.200. Nilai total buku yang dibagikan kepada 71 SMP, jika tiap sekolah menerima jumlah buku yang sama, maka diperkirakan mencapai Rp 78,043 juta.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com