Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IPB Dilirik Pemprov Maluku

Kompas.com - 18/02/2011, 11:20 WIB

AMBON, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi Maluku bersama Institut Pertanian Bogor (IPB) akan menjalin kerja sama di bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat serta pengembangan penelitian.

"Kami sudah melakukan pertemuan dengan pembantu rektor dan 20 staf pengajar IPB guna menjajaki rencana kerja sama ini, sekaligus melihat laboratorium alami yang dibangun untuk tempat penelitian dan sangat cocok dikembangkan di Maluku," kata Ketua Komisi A DPRD Maluku, Richard Rahakbauw, di Ambon, Jumat (18/2/2011).

Selain itu, Komisi A juga telah melakukan pembahasan lanjutan dengan Pemprov Maluku dan mengundang Rektor Universitas Pattimura bersama Rektor Universitas Darusalam Ambon (Unidar), untuk membahas rencana kerja sama dimaksud. Menurut Richard, pihak Unpatti dan Unidar menyambut positif rencana kerja sama seperti ini, terutama di dalam bidang pendidikan karena ditargetkan pada tahun 2014, staf pengajar-pengajar di universitas sudah level strata dua (S-2).

"IPB memiliki banyak tenaga pengajar bergelar profesor dan doktor, kemudian ada program pascasarjananya untuk S-2 dan S-3 sehingga melalui rencana kerja sama ini akan dibuka kesempatan bagi para dosen Unpatti dan Unidar, khususnya Fakultas Pertanian dan Perikanan guna melanjutkan studi mereka di IPB," katanya.

Untuk bidang pemberdayaan masyarakat dan penelitian, melalui rencana kerja sama ini diharapkan ke depannya akan ada program penelitian dan pengembangan komoditas unggulan yang bisa dikembangkan oleh masyarakat dalam skala menengah dan besar.

"DPRD nantinya akan membahas serta memberikan persetujuan program ini dalam rapat paripurna dewan untuk menyusun draf perjanjian kerja sama hingga proses penandatanganan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com