Puluhan Ribu Siswa SD/MI Ikut OSK

Kompas.com - 19/02/2011, 10:14 WIB
EditorI Made Asdhiana

MAKASSAR, KOMPAS.com — Sebanyak 82.000 anak-anak SD/MI dari seluruh Indonesia ikut serta dalam penyelenggaraan Olimpiade Sains Kuark (OSK) yang kelima. Pembukaan babak penyisihan OSK 2011 dipusatkan di Sekolah Islam Athirah, Makassar, Sabtu (19/2/2011).

Sanny Djohan, Ketua Panitia OSK 2011 sekaligus pimpinan majalah komik sains Kuark, mengatakan peserta OSK terus bertambah tiap tahunnya. Siswa SD/MI yang ikut bukan hanya dari kota-kota besar, tetapi juga dari pedalaman di Majene (Sulawesi Barat), Tulang Barat (Lampung), Paser (Kalimantan Timur), hingga Halmahera Selatan (Maluku Utara).

"Kami berharap banyak anak SD/MI yang bisa ikut OSK supaya mereka punya pengalaman berkompetisi. Biar pun namanya olimpiade, tetapi tidak hanya untuk anak-anak juara atau jago sains. OSK ini terbuka untuk semua anak SD. Makanya semakin banyak yang mau ikut," kata Sanny.

Pada tahun lalu, peserta mencapai 73.000 orang dari 32 provinsi. Pembukaannya dipusatkan di Samarinda. Sanny menambahkan, pembukaan OSK dilaksanakan di daerah-daearah untuk membawa spirit kecintaan sains pada anak-anak. Selain itu, guru-guru di daerah mendapat kesempatan untuk dilatih mengembangkan cara-cara pembelajaran sains yang menyenangkan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar.

Majalah sains Kuark memperkenalkan pelajaran sains melalui cerita-cerita komik. Upaya ini untuk membuat siswa SD senang dengan sains karena ditampilkan dengan cerita bergambar yang pas dengan dunia anak-anak. Pada babak penyisihan ini, seluruh peserta di 152 kabupaten/kota dari 33 provinsi serentak mengikuti tes tertulis. Tahap ini sebagai seleksi untuk finalis yang diundang ke Jakarta. Pemenang di finalis akan mendapat medali emas, perak, dan perunggu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.