Unas-Unpad Saling "Coaching"

Kompas.com - 19/02/2011, 19:50 WIB
EditorLatief

BANDUNG, KOMPAS.com - Universitas Nasional (Unas) menjalin kerjasama dengan Universitas Padjadjaran (Unpad) dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat. Sebagai langkah awal, kerjasama dimulai dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), yang antara lain melakukan pertukaran mahasiswa, program coaching dosen, studi lanjut ke jenjang S-2 dan S-3, serta penelitian dan publikasi bersama.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang langsung dilakukan oleh kedua rektor perguruan tinggi tersebut, yang diharapkan bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia bagi kedua belah pihak.

"Nantinya akan ada mahasiswa terpilih yang kita kirim ke Unpad untuk belajar di sana, mungkin setengah hingga satu semester guna mengambil mata kuliah tertentu. Satuan Kredit Semester (SKS)-nya akan diakui. Mahasiswa akan mendapat banyak keuntungan, antara lain dapat menimba ilmu dari dosen PTN dan belajar tentang culture study di sana," papar Prof H B Tamam Achda, Dekan FISIP Unas dalam siaran persnya ke Kompas.com, Sabtu (19/2/2011).

Sementara di tingkat pengajar, dosen Unpad diharapkan dapat memberikan semacam coaching kepada dosen-dosen Unas. Program magang juga dapat dilakukan bagi dosen Unas di Unpad. Selain itu, kerjasama ini juga menjajaki program studi lanjut S-2 dan S-3 bagi dosen Unas. Di lain pihak, Unpad juga membidik bidang-bidang tertentu di Unas yang dianggap dapat meningkatkan kualitas pendidikannya.

Adapun penandatanganan MoU kerjasama itu sudah dilakukan oleh Rektor Unas Drs El Amry Bermawi Putera dan Rektor Unpad Prof Ganjar Kurnia di Ruang Executive Lounge, Kampus Unpad, Bandung, Kamis (17/02/2011) lalu.

"Ini merupakan awal yang baik untuk kerjasama berkelanjutan kedua perguruan tinggi di masa mendatang. Kami bangga menerima apresiasi yang begitu besar dari Unpad, karena di era persaingan yang semakin ketat, sudah saatnya PTN dan PTS saling bahu membahu bekerjasama untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara," ungkap El Amry.

Ia mengatakan, kerjasama ini diharapkan tak semata hanya menjadi "sleeping MoU", sehingga kedua pihak bertekad segera merealisasikannya. Unas dan Unpad sepakat untuk bertemu dalam waktu dekat dengan target implementasi pada awal semester genap tahun akademik 2011/2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.