Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gairah Pasar Ritel Disumbang Pusat Perbelanjaan Baru

Kompas.com - 23/02/2011, 17:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Munculnya pusat-pusat perbelanjaan baru yang akan rampung pada 2011 akan menyumbang geliat pasar ritel di Jakarta. Meski diprediksi pasokan ritel akan melambat di bawah 10 persen untuk dua tahun mendatang, aktivitas sewa ruang ritel diperkirakan tetap bergairah.

Dari riset data yang dilakukan oleh konsultan Cushman and Wakefield, pusat perbelanjaan baru yang akan selesai pada tahun 2011 adalah Kuningan City berlokasi di Jalan dokter Satrio dengan luas 55.000 meter persegi, Kemang Vilage berlokasi di Jakarta Selatan dengan luas 55.000 meter persegi, Grand Paragon berlokasi di Jakarta Barat dengan luas 40.000 meter persegi, Kalibata City di Jakarta Selatan dengan luas 30.000 meter persegi dan Ancol Beach City di Jakarta Utara dengan luas 18.300 meter persegi.

Pada akhir tahun 2010 pasokan kumulatif pusat perbelanjaan sebesar 3,5 juta meter persegi, dengan pasokan ruang ritel dari pusat perbelanjaan sewa 2,4 Juta meter persegi dan pusat perbelanjaan strata title 1,1 juta meter persegi.

Hingga akhir tahun 2011 diperkirakan akan terdapat penambahan  214.300 meter persegi ruang ritel baru di Jakarta. Dimana seluruh pasokan baru ini adalah ruang ritel sewa (97,3 persen), dan 2,7 persen sisanya ruang ritel strata title.

"Apabila seluruh rencana pusat perbelanjaan ini diselesaikan tepat waktu, maka akan terdapat 3,7 juta meter persegi pasokan ruang ritel di Jakarta pada akhir tahun 2011," kata David Cheadle, Managing Director Cushman and Wakefield Indonesia di Jakarta, Rabu (23/2/2011).

Menurut Arif Rahardjo, Head of Research and Advisory PT. Cushman and Wakefield Indonesia, pada tahun lalu banyak penyewa ritel ragu untuk masuk karena persediaan pasokan yang terbatas.

Namun, kata Arif, hal tersebut tidak akan terjadi pada 2011. Sebab, pasokan ruang ritel  diperkirakan bertambah di tahun ini Penyewa pun akan kembali datang untuk meramaikan ritel di Indonesia.

Sedangkan menurut Senior Manager Cushman and Wakefield Indonesia, Soany Gunawan, untuk tahun ini, beberapa penyewa ruang ritel dari asing telah berkomitmen masuk pasar Indonesia. Siapa saja penyewanya, Soany belum bisa berkomentar banyak. "Selain pembukaan toko-toko baru oleh para pemain lama, penyewa untuk food and beverage dan fashion akan tetap mendominasi transaksi sewa," katanya.  (Natalia Ririh)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com