Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latar Foto Kartu SNMPTN Diharuskan Biru?

Kompas.com - 24/02/2011, 19:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu orang tua murid di SMA Labs School, Jakarta Timur, mengaku heran melihat petugas sosialisasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan mensyaratkan peserta didik agar tidak menggunakan background foto berwarna merah untuk kartu pendaftaran. Petugas tersebut menyarankan, kalau mau aman latar foto yang diginakan sebaiknya berwarna biru. 

"Waktu itu saya sedang mengikuti sosialisasi SNMPTN jalur undangan di sekolah anak saya ini, kok rasanya ada yang aneh mendengar kalimat si petugas itu. Dia bilang, kalau mau enggak susah, kalau mau aman, pakai warna biru. Lho, maksudnya apa, apakah ini ada urusannya dengan politik?" tutur AB, orang tua murid tersebut kepada Kompas.com, Kamis (24/2/2011).

Ia menuturkan, dari petugas tersebut diketahui bahwa ada beberapa PTN yang mensyaratkan untuk tidak menggunakan latar foto berwarna merah, melainkan biru. Sayangnya, si petugas tidak menyebutkan nama PTN tersebut. 

"Pandangan saya sebagai orang tua, pilihan warna mestinya tidak masalah. Buat apa si petugas sosialisasi melakukannya, ini teror psikologis namanya. Siapapun orang tua tentu berharap anaknya masuk PTN sehingga dengan syarat ini akan takut tidak lolos sebab ini persyaratan administrasi yang harus diikuti," ujarnya.

Sejauh ini, pantauan Kompas.com di beberapa SMA di Jakarta, sosialisasi memang sudah berlangsung. Saat ini, sekolah-sekolah baru pada tahap pendataan dan umumnya mengaku belum melihat syarat itu dilakukan.

"Tidak juga, setahu saya bebas-bebas saja, yang penting ukurannya 4x6," ujar Dwi Daryani, Guru Bimbingan Konseling SMAN 13, Jakarta Utara.

Suwarno, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 3, Jakarta Selatan, mengatakan saat ini sekolah memang baru pada tahap pendataan. Sosialisasi juga sudah dilakukan dan tidak terlalu jelas ada syarat semacam itu.  

"Besok penelusuran rapot anak-anak dan akan dimasukkan data. Setahu saya, di buku panduan juga tidak ada soal syarat warna biru itu," tutur Suwarno.

Ditelusuri di situs pendaftaran SNMPTN, yaitu http://snmptn.ac.id, persyaratan itu sendiri tidak ditemui. Saat berita ini diturunkan, Ketua SNMPTN Herry Suhardiyanto belum bisa dikonfirmasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com