Akses Perguruan Tinggi Kian Meningkat

Kompas.com - 28/02/2011, 22:59 WIB
EditorNasru Alam Aziz

 

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah mengklaim telah meningkatkan akses ke perguruan tinggi bagi mahasiswa dari latar belakang ekonomi kurang mampu. Salah satunya dari program beasiswa yang ditawarkan setiap tahun.

Hal itu diungkapkan Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh, Senin (28/2/2011) di Bandung, Jawa Barat. Nuh datang untuk bertemu dengan 150 orang perwakilan penerima beasiswa Bidik Misi di Universitas Padjadjaran bersama Rektor Ganjar Kurnia.

Dia menuturkan, perguruan tinggi hanya bisa diakses 0,98 persen keluarga tidak mampu pada tahun 2003. Angka tersebut meningkat menjadi 3 persen pada tahun 2008. Akses juga meningkat menjadi 6 persen pada 2010. "Artinya masih ada 94 persen mahasiswa dari latar belakang keluarga menengah atas," kata Nuh.

Salah satu upaya yang diambil pemerintah dalam meningkatkan akses kepada perguruan tinggi adalah melalui program Bidik Misi. Beasiswa yang meliputi biaya belajar, uang buku, hingga uang saku dimulai pada 2010 untuk 20.000 mahasiswa dan tersebar ke seluruh perguruan tinggi. Unpad menerima 500 mahasiswa peserta program ini.

Dana yang dikeluarkan pemerintah untuk membayarkan biaya pendidikan kepada perguruan tinggi dalam program ini mencapai Rp 200 miliar pada tahun ini, diperkirakan meningkat menjadi Rp 400 miliar tahun mendatang untuk mahasiswa yang sudah ada ditambah 30.000 peserta baru. Nuh memperkirakan program ini berlaku hingga empat tahun.

Dia menjelaskan, penerimaan beasiswa tidak didasarkan pada prestasi akademis saja, melainkan pada potensi akademis. "Anak yang tidak mampu harus diselamatkan. Bebas uang pendidikan tidak cukup, juga harus ditambah uang saku," kata Nuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.