Saling Mendidik Mahasiswa dan Masyarakat

Kompas.com - 03/03/2011, 17:09 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini Prasetya Mulya Business School (PMBS) kembali akan menjalankan program pembinaan wirausaha, yaitu Community Development (Comdev). Pembinaan kewirausahaan tersebut akan dilaksanakan di Desa Babakan Sari dan Desa Sukaluyu, Cianjur, Jawa Barat.

Koordinator Comdev 2011 Dudut Urip Prasetyo di Jakarta, Kamis (3/3/2001), mengatakan, pada dasarnya PMBS mengembangkan konsep kewirausahaan berdasarkan potensi di daerah tersebut. Saat suatu desa sudah mulai mapan, Comdev akan mencari lahan baru lainnya untuk dibina.

"Setiap mitra didampingi oleh mahasiswa kita dan diberikan beberapa materi sederhana seperti pembukuan sederhana dan lain-lainnya," kata Dudut.

Tahun ini, sebanyak 133 mahasiswa program S-1 dibagi dalam 19 kelompok untuk menjalankan Comdev sejak awal Februari 2011 lalu. Dengan berbagai proyek usaha seperti makanan ringan dan kerajinan tangan, Comdev diharapkan menjadi program pembinaan masyarakat sebagai ujung tombak pengembangan kapasitas.

"Diharapkan dapat merangsang masyarakat desa dalam penyebaran semangat berwirausaha," ujarnya.

Koordinator Comdev 2008-2010 Burhan Primaningtyo menambahkan, melalui program ini mahasiswa juga ditantang membuat usaha di suatu komunitas di luar Jabodetabek. Konsep kewirausahaan sosial ini akan menggiring mereka untuk bermitra dengan satu keluarga di desa guna membangun usaha yang memanfaatkan potensi dan bahan baku lokal.

"Melalui program ini kami ingin memberikan skil dan pengetahuan, serta membangun entrepreunerial character, karena Comdev merupakan program pembinaan kewirausahaan sosial yang adaptif dan aplikatif," ucap Burhan.

Menurutnya, seorang pengusaha jangan sekali-kali melupakan lingkungannya. Dalam sebuah bisnis, wirausahawan harus peka dengan semua yang terjadi di luar usahanya.

Adapun serangkaian program Comdev ini dijalankan selama 8 bulan di Cianjur, Jawa Barat. Pada periode 2008-2010 lalu, pembinaan dilakukan di wilayah Sukabumi, Jawa Barat untuk mewujudkan desa mandiri dan sejahtera melalui wirausaha.

"Kami berharap Comdev adalah solusi dari masalah ekonomi, pendidikan dan kesehatan," papar Burhan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X