SNMPTN yang Merepotkan Siswa

Kompas.com - 09/03/2011, 13:24 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Para siswa SMU di Jakarta merasa direpotkan dengan Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur Undangan. Dinilai merepotkan karena mengganggu konsentrasi mereka dalam menghadapi Ujian Nasional (UN).

"SNMPTN ini sangat merepotkan, karena mengganggu konsentrasi dalam menghadapi UN," kata Mutiara (17), siswi di SMAN 24 Jakarta, Rabu (9/3/2011).

Mutiara menambahkan, pada tahun mendatang, sebaiknya SNMPTN dilangsungkan setelah para siswa selesai menghadapi ujian nasional (UN).

"Mendingan tahun depan SNMPTN digelar setelah UN selesai supaya konsentrasi tidak terpecah," ujarnya.

Siswi lainnya, Izmi Yusdira (17), mengatakan, proses pendaftaran SNMPTN undangan sangat rumit dan berisiko. "Jika terjadi kesalahan akan sangat fatal," kata Izmi.

Izmi mengatakan, perlu ada bimbingan lebih dari para guru. Hal itu agar para siswa cepat mengerti dan mengurangi risiko terjadinya kesalahan dalam pendaftaran.

Menanggapi kesulitan siswa tersebut, pihak SMAN 24 sebetulnya telah secara khusus membentuk tim. Tim itu terdiri dari para guru konseling dan praktisi IT yang bertugas menghimpun dan membimbing siswa pada saat mendaftar di SNMPTN jalur undangan. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.