Gaji Sebulan Cuma Untuk Ongkos Pulang...

Kompas.com - 11/03/2011, 21:08 WIB
EditorLatief

GUNUNG MAS, KOMPAS.com - Guru-guru yang ditempatkan di pedalaman Kalimantan Tengah harus mengeluarkan biaya besar jika mereka hendak kembali ke daerah asalnya. Ongkos transportasi sekali pulang bisa menghabiskan satu bulan gaji mereka.

Menurut Hermilon (51), guru SD Tumbang Anoi, Kecamatan Damang Batu, Kabupaten Gunung Mas, Kalteng, Jumat (11/3/2011), sebanyak tiga guru sekolah itu berasal dari daerah yang jauh. Mereka berasal dari Palangkaraya dan Tumbang Miri di Kalteng, serta Makassar di Sulawesi Selatan.

Setiap kembali ke rumahnya, para guru harus merogoh ongkos lebih dari Rp 2 juta untuk pergi-pulang. Padahal, gaji mereka rata-rata hanya Rp 2 juta per bulan.

Desa Tumbang Anoi berjarak hampir 300 kilometer (km) dari Palangkaraya menuju arah utara melalui jalur darat dengan lama perjalanan enam jam. Perjalanan itu pun harus dilanjutkan dengan perahu menyusuri Sungai Kahayan.

Jarak yang ditempuh sekitar 30 km dengan lama sekitar 1,5 jam. Meski demikian, lanjut Hermilon, guru-guru di SD Tumbang Anoi tetap semangat mengajar murid-muridnya.

Guru SD Tumbang Anoi, Rini Susilowati (29), yang berasal dari Palangkaraya, mengatakan, ia harus mengeluarkan biaya yang cukup besar, lebih dari 1 juta untuk satu kali perja lanan dari Tumbang Anoi. Padahal, gaji Rini hanya sebesar Rp 1,8 juta per bulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.