Bahasa, Kecakapan "Real" di Sekolah Alam

Kompas.com - 12/03/2011, 15:41 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekolah Alam Indonesia (SAI) kembali menggelar Language Fair, Sabtu (12/3/2011), di SAI, Ciganjur, Jakarta. Acara bertajuk "A Glimpse of the Devine Wisdom, The Entrance to the World", ini dikemas dalam konsep pendidikan bahasa asing dan wawasan luar negeri.

"Pada prinsipnya ini merupakan pembelajaran real yang berguna untuk memberikan wawasan kepada para siswa," papar Ketua Panitia sekaligus Kepala English Department SAI, Khaira Fitmi.

Digelar untuk ketiga kalinya, Language Fair 2011 dimulai sejak kamis (10/3/2011) lalu dengan bermacam kegiatan dan lomba yang berhubungan dengan tema acara. Khaira menambahkan, beberapa siswa di SAI juga telah dilatih kecakapan berbahasa Korea, Perancis, serta Jepang.

"Tak hanya Inggris dan Arab, tetapi beberapa siswa di sini ada yang pandai menggunakan bahasa Korea, Perancis, dan Jepang," ujarnya.

Dalam kesempatan terpisah, kepala Syuro Guru SAI, Hudori AZ, memaparkan tentang kemampuan daya serap siswa yang relatif berbeda. Para staf pengajar mencoba memberikan pemahaman tentang pentingnya bahasa kepada para siswa.

"Terutama bahasa internasional, kita coba terapkan kepada para siswa agar mereka paham dan praktis menggunakan bahasa tersebut. Kecakapan bahasa ini dipraktekkan dalam keseharian, khususnya bahasa Inggris dan Arab ketika berbicara dan pidato," ujar Hudori.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.