Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wartawan Diajak Susun Renstra Pendidikan

Kompas.com - 13/03/2011, 07:39 WIB

BIAK, KOMPAS.com — Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor, Papua, melibatkan wartawan dan lembaga swadaya masyarakat dalam penyusunan dokumen perencanaan strategis (renstra) pendidikan di wilayah itu.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Biak Kamaruddin di Biak, Minggu (13/3/2011), mengakui, keterlibatan LSM dan media massa dalam menyusun renstra pendidikan merupakan hal baru dllakukan.

Alasannya, sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas pelayanan pendidikan kepada masyarakat. "Melalui keterlibatan wartawan dan LSM diharapkan rancangan renstra yang sedang disusun dinas pendidikan mampu menerima kritikan dan bahan masukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah ini," harap Kamaruddin.

Ia mengakui, dinas pendidikan juga melibatkan pengelola sekolah yayasan, DPRD, serta pemangku kepentingan pendidikan.

Kamaruddin mengakui, selama ini banyak temuan dan masukan disampaikan media massa dan LSM terhadap berbagai persoalan pendidikan. 

Ia berharap, dengan demikian materi dan bobot dokumen perencanaan pendidikan bisa mengakomodasi berbagai persoalan pendidikan untuk dibuat program pemecahan masalah hingga kurun waktu lima tahun mendatang.

Kamaruddin optimistis draf renstra pendidikan yang sedang disusun atas bantuan pendampingan Unicef-AuSAID bisa rampung sekitar Juni atau Juli 2011 sehingga menjadi acuan kerja dalam mengatasi berbagai persoalan pendidikan.

Terkait bantuan tenaga teknis Unicef, menurut Kamaruddin, sangat tepat dan perlu didukung karena berpengalaman dalam membuat berbagai dokumen perencanaan pembangunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com