Tim Teknik UGM Ikuti Kompetisi di Jepang

Kompas.com - 13/03/2011, 08:02 WIB
Editoryuli

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Tim Bimasakti Universitas Gadjah Mada Yogyakarta terpilih mewakili Indonesia dalam kompetisi internasional "9th Students Formula SAE (Society of Automotive Engineers)" di Jepang, 5-9 September 2011.

"Dalam kompetisi yang diselenggarakan di Ogasayama Sports Park Jepang itu, Tim Bimasakti UGM akan bertanding dengan 84 tim universitas dari seluruh dunia," kata Kepala Bidang Humas dan Prokotol UGM Suryo Baskoro di Yogyakarta, Minggu (13/3/2011).

Menurut dia, Tim Bimasakti UGM yang beranggotakan 16 mahasiswa Jurusan Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik itu menjadi satu-satunya tim perwakilan dari Indonesia.

"Tim secara khusus ditunjuk langsung oleh Kementerian Pendidikan Nasional untuk mewakili Indonesia dalam kompetisi internasional yang sangat bergengsi tersebut," katanya.

Ia mengatakan, kompetisi ini merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Japan’s Society of Automotive Engineers (JSAE) untuk membuat kendaraan formula dengan mesin 600 cc.

"Dalam kompetisi tersebut semua kendaraan yang dilombakan akan dinilai, mulai dari penyusunan analisis biaya, desain mesin, presentasi, akselerasi kendaraan, efisiensi bahan bakar, ketahanan, autocross, dan skid-pad," katanya.

Menurut dia, tim yang telah terbentuk sejak November 2010 itu sudah resmi terdaftar sebagai anggota Ikatan Ahli Teknologi Otomotif (IATO). IATO adalah perwakilan resmi SAE untuk Indonesia.

Ke-16 mahasiswa yang tergabung dalam Tim Bimasakti UGM adalah Akmal Irfan, Andika Rinaldo Asry, Nosal Nugroho Pratama, Riandro Pramudyo, Fresilia Sukmawanty, Azhari Kurnia, Monanda Wandita.

Kemudian Hadiyan Yusuf Kuntoro, Muhammad Audi Yusuf, Akbar Suryo Sadarpo, Ahmad Ghozi, Mithafirsty Annisa Cesarysti, Habdhimas Sughandhiko, Budi Santoso, Doddy Jonathan Hutabarat, dan Mahathelge Mohammad.

"Mereka didampingi tiga dosen pembimbing, yakni Fauzun, Muhammad Agung Bramantya, dan I Gusti Budi Dharma," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.