Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Kena Tsunami, Kesenian Tetap Jalan

Kompas.com - 13/03/2011, 16:35 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Dosen jurusan Karawitan Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Denpasar, I Made Kartawan SSn, MSi, tetap berangkat ke Jepang sebagai pembicara dalam kegiatan seni bertaraf internasional di Negeri Sakura, 14-15 Maret 2011.

"Kartawan setelah berkoordinasi dengan pihak panitia penyelenggara memperoleh informasi bahwa kegiatan seni bertaraf internasional itu tetap berlangsung di Jepang bagian selatan. Sementara bencana alam itu terjadi di Jepang utara," kata Rektor ISI Denpasar Prof Dr I Wayan Rai S, Minggu (13/3/2011).

Ia mengatakan, Made Kartawan bertolak ke Jepang sesuai jadwal, yakni Sabtu (12/3/2011) malam, sehingga tidak terpengaruh oleh bencana alam yang melanda negeri tersebut.

Menurut General Manager PT (Persero) Angkasa Pura I Bandara Ngurah Rai Bali Purwanto, aktivitas penerbangan dari dan ke Jepang kini kembali normal.

Meskipun demikian, Jumat siang, penerbangan dari Bandara Internasional Ngurah Rai ke Jepang sempat ditunda. Namun, pukul 21.00 Wita, penerbangan sudah kembali dibuka.

Pada Jumat malam, Garuda Indonesia melayani penerbangan ke Jepang menggunakan tiga pesawat.

"Maskapai PT Garuda Indonesia itu melayani tujuan Osaka, Nagoya, dan Narita, pergi-pulang. Pada Sabtu, aktivitas penerbangan itu telah normal," katanya.

Prof Rai menambahkan, I Made Kartawan mendapat kepercayaan tampil menjadi pembicara dalam simposium internasional bertajuk "Audiovisual Ethnography of Gongs in Southeast Asia" yang berlangsung di Museum Nasional Ethology, Osaka.

Kartawan dalam kegiatan internasional itu akan memaparkan gong bali, mulai dari proses produksi, peranan, dan fungsinya hingga penyebaran ke berbagai negara.

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah seniman dari beberapa negara yang memiliki perangkat gamelan gong, antara lain Kamboja, Malaysia, Filipina, dan tuan rumah Jepang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com