Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Otomotif Jepang "Lumpuh"

Kompas.com - 14/03/2011, 08:52 WIB

TOKYO, KOMPAS.com – Pasca gempa Jumat lalu, industri otomotif di Jepang lumpuh. Setelah Nissan Motor Company mengumumkan penghentian seluruh kegiatan operasionalnya, Toyota, Mitsubishi dan Honda melakukan hal yang sama.

Sabtu lalu Toyota langsung mengumumkan, mulai hari ini memutuskan menghentikan untuk sementara kegiatan produksi di seluruh pabrik , termasuk anak perusahaan, seperti Central Motors dan Kanto Auto yang berada di daerah yang paling parah dilanda gempa dan tsunami, yaitu Sendai dan Iwate.

Pertimbangan Toyota, mengutamakan keselamatan seluruh karyawan dan keluarga mereka, termasuk perusahaan pemasok komponen. Toyota juga langsung memutuskan memberikan sumbangan 300 juta yen (Rp 30 miliar lebih), kepada masyarakat yang menjadi korban gempa. Nissan dan Honda berencana menghenti kegiatan sampai Selasa besok.

Akibat penghentian sementara tersebut, sekitar 45 persen produksi Toyota hilang. Termasuk yang dieksport ke Amerika Serikat seperti Prius, Corolla, Lexus sampai Scion. Sementara itu, Mitsubishi menyatakan akan mulai menghubungi perusahaan mitra termasuk pengiriman, distribusi dan pemasok komponen yang berada di lokasi bencana dan bisa melakukan aktivitas kembali Selasa.

Fuji Heavy Industries, Subaru juga menutup lima pabrik dan belum ada informasi sampai kapan dilakukan. Sedangkan Mazda dan Suzuki mengaku aman karena lokasi pabriknya yang jauh dari titik kejadian.

Sebenarnya, sebagian besar pabrik dan perakitan mobil dan sepeda motor sebagian besar berada Jepang Tengah (Nagano, Gigu, Shizuoka, Aichi dan Mie). Sedangkan gempa dan tsunami terjadi di Jepang Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com