Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panitia UN Diambil Sumpah Kejujuran

Kompas.com - 14/03/2011, 19:58 WIB

GRESIK, KOMPAS.com - Sebanyak 200 panitia Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2010/2011 di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Senin (14/3/2011), dilantik dan diambil sumpah kejujuran selama menjalankan tugas terkait penyelenggaraan UN. Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim menyatakan, UN bukan sekedar rutinitas tahunan tetapi menyangkut perjalanan sejarah dan masa depan seseorang.

Tahun ini kelulusan siswa 60 persen nilai Ujian Nasional dan 40 persen dari nilai rapor. UN mulai digelar 25 April dengan lima paket soal, yakni paket A, paket B, paket C, paket D, dan paket E. Nantinya, tugas panitia UN merencanakan dan mempersiapkan pelaksanaan ujian, pendistribusian soal, melaksanakan ujian sesuai Jadwal.

"Meskipun menjadi agenda rutin tahunan, aturan dan tata tertib UN harus dibacakan," kata Qosim.

Kepala Dinas Pendidikan Gresik Wanda Meitini menyebutkan, jumlah peserta UN tingkat SMA sebanyak 12.076 siswa, terdiri dari SMA Negeri dan swasta 5.321 siswa, SMA luar biasa 12 siswa, MA negeri dan swasta 3.354 siswa, serta SMK Negeri dan swast a 3.387 siswa. Peserta UN tingkat SMP/MTs sebanyak 17.716 siswa, dengan rincian dari SMP negeri dan swasta sebanyak 10.000 siswa sedangkan dari MTs Negeri dan swasta sebanyak 7716 siswa.

Sementara itu, peserta UN SD sebanyak 19.026 dari 7.578 lembaga sekolah. Tahun lalu, peserta UN tingkat SMA Kabupaten Gresik meraih nilai tertinggi se-Jawa Timur untuk jurusan IPA, sedangkan untuk jurusan Bahasa meraih peringkat ke-8.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com