Banyak Pembahasan, Tunggu Hasilnya Saja

Kompas.com - 17/03/2011, 11:05 WIB
EditorLatief

DEPOK, KOMPAS.com - Rembuk Nasional Pendidikan (Rembuknas) 2011 menggelar sidang komisi, Kamis (17/3/2011). Sidang membahas berbagai masalah pendidikan yang dibagi dalam 7 komisi.

Komisi I membahas tentang peningkatan ketersediaan dan keterjangkauan layanan pendidikan anak usia dini (PAUD) bermutu dan berkesetaraan secara efisien dan efektif. Komisi II mendiskusikan tentang jaminan kepastian memperoleh layanan pendidikan dasar bermutu dan berkesetaraan secara efisien dan efektif, sedangkan Komisi III fokus pada peningkatan ketersediaan dan keterjangkauan layanan pendidikan menengah bermutu, relevan, dan berkesetaraan secara efisien dan efektif.

Sementara itu, Komisi IV mengambil isu tentang meningkatkan ketersediaan dan keterjangkauan layanan pendidikan tinggi bermutu, relevan, dan berdaya saing internasional secara efisien dan efektif dan Komisi V membahas tentang meningkatkan ketersediaan dan keterjangkauan pendidikan orang dewasa bermutu, relevan, dan berkesetaraan secara efisien dan efektif.

Di Komisi VI, sidang terfokus pada peningkatan fungsi bahasa Indonesia sebagai jati diri dan pemersatu bangsa secara efisien dan efektif. Sementara itu, Komisi VII mendiskusikan tentang penguatan tata kelola untuk menjamin efisiensi dan efektifitas pelaksanaan misi Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas).

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Pendidikan Nasional (PIH Kemdiknas) Ibnu Hamad mengatakan, belum ada kepastian apakah hasil dari Rembuknas 2011 akan dipresentasikan kepada Komisi X DPR RI.

"Belum ada arahan ke sana. Yang jelas, hasil dari rembuknas 2011 ini akan menjadi pegangan bagi para pemangku kepentingan pusat dan daerah," kata Ibnu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.