Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Banjir, Pemprov Salahkan Sampah

Kompas.com - 17/03/2011, 12:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta baru saja membangun tiga gorong-gorong di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, pada Desember 2010. Namun, banjir tetap saja tak terelakkan di sekitar Jalan Thamrin akibat hujan deras pada Rabu (16/3/2011) malam. Akibatnya, Jalan Sabang pun tergenang dan air meluap hingga setinggi paha orang dewasa.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Ery Basworo yang meninjau lokasi semalam mengungkapkan bahwa permasalahan banjir di sekitar Jalan Thamrin termasuk Jalan Sabang lantaran banyaknya sampah yang menyumbat gorong-gorong di jalur protokol tersebut. Akibatnya, tali air saluran penghubung pun dipenuhi sampah dan menghambat aliran air.

"Contohnya di Jalan Sabang, pembersihan sudah dilakukan di tali air saluran jalan tersebut," ungkap Ery, Kamis (17/3/2011) di Balai Kota, Jakarta.

Menurut Ery, selama ini kondisi jalan setelah pengerjaan gorong-gorong Thamrin-Sudirman rampung selalu aman meski hujan deras turun. Namun, Ery berdalih karena hujan deras kali ini mencapai 100 milimeter, Jalan Sabang pun mau tidak mau akhirnya tergenang.

Selain upaya pembersihan sampah, Dinas Pekerjaan Umum diakui Ery juga sudah menghubungkan saluran baru dengan saluran lama menggunakan pompa air yang ada. Sebab, saluran baru yang dibangun berukuran 2 x 3 meter ini belum terhubung dengan saluran lama sehingga aliran air tidak terhubung sama sekali dan terhambat untuk mengalir dengan cepat.

"Dengan dua saluran yang tersambung ini, kami berharap aliran air di dua saluran tersebut bisa tersedot dengan cepat," tandas Ery.

Hujan deras semalam membuat beberapa wilayah di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan terendam dan menyebabkan kemacetan parah. Genangan air terjadi di Jalan Jenderal Sudirman depan Ratu Plaza arah Semanggi. Air di sana meluap hingga 15-20 cm.

Di Jalan Gatot Subroto, tepatnya di lampu merah Kuningan arah Semanggi, genangan air juga mencapai 15-20 cm. Adapun genangan di sisi kiri jalan tol Kebon Jeruk setinggi 10-15 cm.

Kondisi Jalan Dr Satrio arah ITC Kuningan juga tak kalah parah. Ketinggian air mencapai 30 cm. Sementara itu, di depan Plaza FX, Jalan MH Thamrin, ketinggian air mencapai 10-15 cm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com