Banyak Hasilnya, Ditunggu Realisasinya

Kompas.com - 18/03/2011, 16:27 WIB
EditorLatief

DEPOK, KOMPAS.com - Konsep efisiensi dan efektifitas yang dijadikan acuan dalam sidang komisi di Rembuk Nasional Pendidikan (Rembuknas) 2011 menghasilkan sejumlah hal terkait pelaksanaan tiga pilar efisiensi dan efektifitas itu, yaitu berbagi sumber daya, integrasi proses, dan penggunaan TIK.

Untuk pilar berbagi sumber daya, dihasilkan suatu kesimpulan perlunya perluasan cakupan pendidikan anak usia dini (PAUD) secara holistik dan integratif, pemanfaatan fasilitas sosial yang ada di masyarakat untuk penyelenggaraan PAUD, SD dan SMP satu atap, berbagi fasilitas satuan pendidikan SD paket A, SMP paket B-SMP Terbuka, SMA paket C dan SMK pendidikan vokasi berkelanjutan, serta pemberdayaan satuan pendidikan formal untuk penyelenggaraan program pendidikan orang dewasa (POD).

Selain itu, diperlukan juga berbagi sarana pendidikan untuk berbagai macam kekhususan yang sejenis, seperti pengembangan pusat riset nasional melalui pemanfaatan fasilitas secara bersama antar perguruan tinggi, layanan POD terpadu seperti lembaga kursus, pusat kegiatan belajar mengajar, rumah pintar, perpustakaan dan lain-lain, pemberdayaan tutor secara terpadu, penguatan peraturan perundangan tentang penyaluran dan pemanfaatan dana BOS, berbagi sumber daya peningkatan fungsi bahasa Indonesia dalam dan luar negeri, ujian kelayakan bahasa Indonesia (UKBI), serta internalisasi jati diri bangsa.

Sementara itu, untuk pilar integrasi proses, hasil yang disepakati adalah penyediaan PTK dan sarana lainnya untuk PAUD, pendidikan dasar (Dikdas), dan pendidikan menengah (Dikmen), integrasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di semua jenjang pendidikan, integrasi proses pembelajaran SMA dengan perguruan tinggi dan integrasi nilai kelulusan dengan seleksi masuk perguruan tinggi, redistribusi guru internasional dan antar kabupaten/kota/provinsi, standar kompetensi SMK, dan lain-lain.

Untuk pilar pembangunan teknologi informasi dan komunikasi, hasil yang disepakati adalah berbagi sumber belajar melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada jenjang PAUD, Dikdas, Dikmen, dan Dikti, pelaksanaan e-learning yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan potensi lokal, percepatan perwujudan e-administrasi, penguatan pemanfaatan e-layanan (perizinan, akreditasi, dan lain-lain), integrasi pengadaan barang dan jasa melalui e-procurement, pemanfaatan TIK dalam peningkatan fungsi bahasa Indonesia, UKBI, dan internalisasi jati diri bangsa.

Rencananya, sore ini akan digelar rapat antara Kemdiknas dengan pejabat eselon mengenai hasil Rembuknas 2011. Rapat tersebut untuk menerjemahkan hasil Rembuknas agar dapat segera dilaksanakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.