AS Ingin Perbanyak Pelajar Indonesia

Kompas.com - 29/03/2011, 19:02 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) akan berusaha meningkatkan jumlah pelajar Indonesia untuk studi di negara Paman Sam tersebut. Salah satunya dengan mengadakan pameran pendidikan yang akan diikuti 55 sekolah dan lebih dari 75 universitas dan akademi di sejumlah kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan.

"Pasar Indonesia bagi industri pendidikan signifikan, tapi juga mungkin lebih signifikan. Saat ini, ada hampir 7000 pelajar Indonesia yang mendapatkan gelarnya (di AS)," jelas Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Scot A Marciel, di Jakarta, Selasa (29/3/2011).

Menurutnya, jumlah pelajar Indonesia di AS seharusnya bisa mencapai 15.000 orang. Sebagai salah satu upaya mencapai jumlah tersebut, AS akan menggelar pameran pendidikan yang sedianya akan digelar pada 3 April 2011 di Ballroom Sampoerna Strategic Square, Sudirman.

"Alasan utama kami ingin meningkatkan jumlah pelajar Indonesia ke AS karena pelajar dari kedua negara dapat mempelajari Indonesia. Ini merupakan jalan terbaik bagi mereka yang mencari pemahaman (akan AS)," jelasnya, yang juga menyebutkan terjadi penurunan jumlah pelajar Indonesia dalam 10 tahun terakhir.

Selain itu, Scot juga menyebutkan, akan ada pertemuan dengan Menteri Pendidikan Mohammad Nuh, Putera Sampoerna, dan sejumlah delegasi, sebagai rangkaian kedatangan delegasi Under Secretary of Commerce for International Trade Francisco J Sanchez ke Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.