Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menarik Mahasiswa Internasional (II)

Kompas.com - 30/03/2011, 11:49 WIB

Dr Shannon L Smith

KOMPAS.com - Indonesia tertinggal jauh dari tetangga-tetangganya dalam hal menarik mahasiswa internasional. Sampai saat ini fokus Indonesia masih berkisar pada dua tetangga dekatnya, yaitu Malaysia dan Timor Leste, serta mahasiswa-mahasiswa yang belajar sepanjang masa studinya di Indonesia.

Saat ini, tren global dari mobilitas mahasiswa internasional bergerak ke arah yang berlawanan. Pergerakan mahasiswa internasional didominasi oleh program-program studi jangka pendek di luar negeri (Baca: Menarik Mahasiswa Internasional).

Maka, kira-kira apa yang dapat universitas-universitas di Indonesia lakukan?

Memperbanyak jumlah pilihan yang tersedia bagi mahasiswa internasional di universitas-universitas Indonesia adalah langkah pertama. Sejumlah kecil mahasiswa internasional mungkin tertarik mempelajari bahasa dan kesenian Indonesia, tapi mayoritas mencari kesempatan mendapatkan pengalaman langsung dalam bisnis, hukum, perdagangan internasional, teknologi dan informasi, arsitektur, dan disain.

Program-program tersebut harus diselenggarakan dalam bahasa Inggris dan ditawarkan di tingkat S-1. Program-program itu juga mungkin menyediakan kesempatan magang di lembaga pemerintah atau perusahaan swasta yang sesuai. Tentu, memasarkan program-program internasional ini harus dipertimbangkan dengan hati-hati.

Situs atau website universitas juga harus memiliki ruang khusus yang disediakan untuk menggambarkan program-program internasionalnya, dan itu disampaikan dalam bahasa Inggris.

Di sisi lain, Kementerian Pendidikan Nasional bahkan perlu mengikuti langkah-langkah yang dilakukan seperti Malaysia (www.studymalaysia.com) dan Australia (www.studyinaustralia.gov.au), yaitu membuat portal web khusus yang disediakan untuk menggambarkan program-program internasional di seluruh Indonesia secara informatif dan menarik.

Program-program internasional yang direncanakan dengan baik mungkin menjadi kunci bagi peningkatan jumlah mahasiswa internasional tanpa kehilangan kursi yang disediakan untuk warga negara Indonesia dalam program-program S-1 reguler.

Sebagai contoh, program gelar ganda internasional seperti yang ditawarkan di Fakultas Kedokteran di Universitas Indonesia (FKUI) bersama fakultas kedokteran di Australia. Program ini memungkinkan fakultas ini meningkatkan kapasitas daya tampungnya dan menyediakan kurikulum kedokteran internasional untuk warga negara Indonesia dan warga negara dari negara lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com