Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selandia Baru Tawarkan Beasiswa ASEAN

Kompas.com - 30/03/2011, 14:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia akan menerima sampai 50 beasiswa dari Pemerintah Selandia Baru. Pendaftaran yang saat ini dibuka adalah beasiswa ASEAN untuk siswa pascasarjana Indonesia untuk melanjutkan studi di Selandia Baru pada tahun ajaran 2012.

"Beasiswa ASEAN merupakan kesempatan besar untuk para siswa yang memiliki catatan prestasi bagus untuk menyumbang sesuatu untuk pembangunan Indonesia di masa depan," Duta Besar Selandia Baru, David Taylor, di Jakarta, Rabu (30/3/2011).

Ia menambahkan, Selandia Baru adalah mitra lama ASEAN. Sebagai bagian dari paket inisiatif untuk mendukung negara-negara berkembang ASEAN, 100 beasiswa tambahan diumumkan pada bulan Juli tahun lalu oleh Menteri Luar Negeri Murray McCully. Hal itu meningkatkan jumlah beasiswa Selandia Baru untuk negara-negara berkembang ASEAN menjadi 170 beasiswa.

Di bawah program Beasiswa Selandia Baru-ASEAN (New Zealand-ASEAN Scholars), para pelamar yang berhasil akan mendapatkan bantuan tiket untuk berangkat dan pulang ke negara mereka, uang sekolah penuh, dan tunjangan pindahan ketika sampai di Selandia Baru. Pelajar juga akan memperoleh tunjangan hidup untuk membiayai pengeluaran hariannya.

"Belajar di Selandia Baru diharapkan bisa membuka sebuah prospek baru dan menarik, dan menghasilkan keterampilan dan kualifikasi yang diperlukan untuk memberikan sumbangan yang tahan lama untuk pembangunan ekonomi, sosial, dan politik di negara asal para siswa," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com