Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Nonton Festival Sinema Perancis

Kompas.com - 31/03/2011, 17:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini, Festival Sinema Perancis (FSP) memasuki penyelenggaraan yang ke-16. Sebanyak 21 judul film akan menyemarakkan perhelatan festival yang akan diadakan di 6 kota besar di Tanah Air, mulai 8 April sampai 1 Mei 2011.

"Tahun ini, Festival Sinema Perancis akan ada di Jakarta, Balikpapan, Denpasar, Yogyakarta, Surabaya, dan Bandung," kata Philippe Zeller, Duta Besar Perancis untuk Indonesia, dalam jumpa pers di Hotel Le Meridien, Sudirman, Jakarta, Kamis (31/3/2011).

Ditambahkan Frederic Alliod, Atase Audiovisual Kedutaan Perancis, senjata tangguh FSP tahun ini terletak pada penyorotan tiga gaya Perancis dalam komedi romantis. "Ini  makin memperlihatkan bahwa film-film Perancis juga segar, lucu, dan menghibur, selain tentunya memiliki makna dari film tersebut. FSP kali ini akan fokus pada isu-isu multikultural dan dialog interkultural," katanya.

Sejumlah film yang akan dihadirkan, misalnya tiga judul film bergenre komedi romantis yang menjadi senjata andalannya yakni, L'Arnacoeur (Heartbreaker), La Chance de Ma Vie (Second Chance), dan Il Reste du Jambon? (Bacon on the Side).

Selain film-film berbalut komedi romantis, akan diputar juga film-film dokumenter,  drama, hingga animasi.

L'Arnacoeur (Heartbreaker), film komedi romantis yang sukses dibintangi Vanessa Paradis dan Romain Duris, dijadwalkan akan menjadi film pembuka FSP yang akan dilangsungkan di Usmar Ismail Hall, 8 April mendatang. Sedangkan sebagai penutupan, akan ditampilkan film Des Hommes et Des Dieux (Of Gods and Men) pada 17 April di Blitzmegaplex Grand Indonesia.

Tahun ini, panitia FSP menunjuk aktris Sigi Wamala dan Reza Rahdian sebagai Duta FSP 2011. Menanggapi hal tersebut, baik Sigi maupun Reza mengaku senang. Selama ini, kata keduanya, mereka sama-sama penyuka film Perancis. Bagi keduanya, film Perancis punya karakter berbeda, kritis, namun tetap menghibur.

"Bagi kamu yang ngaku pecinta film, belum bisa disebut pecinta film namanya kalau belum nonton film-film Perancis. Ayo datang ke Festival Sinema Perancis 2011," ajak Sigi.

Sekadar informasi, berikut jadwal pasti dan tempat pemutaran film FSP 2011. 1. Jakarta, 9-17 April @Studio XXI FX Plaza dan Blitzmegaplex Grand Indonesia. Tiket masuk seharga Rp 15 ribu, bisa dibeli mulai besok, Jumat (1/4/2011) di kedua tempat pemutaran.

2. Balikpapan, 16-17 April @E-Walk XXI. Tiket gratis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com