Ketahuan.. BPK Temukan Tunjangan Ganda!

Kompas.com - 31/03/2011, 17:49 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Suku Dinas (Sudin) Pendidikan Jakarta Pusat tidak bisa memberikan penjelasan yang jelas dan meyakinkan terkait penarikan dana tunjangan fungsional non-PNS yang telah diberikan kepada 326 guru sekolah swasta di wilayah Jakarta Pusat. Pejabat Sudin yang ditemui berkilah dengan hanya menjalankan perintah atasan dan tidak mengetahui penyebab salah kirim tersebut.

"Kami hanya menjalankan perintah dari atas," kata staf Tenaga Pendidikan Suku Dinas Jakarta Pusat (Tendik Sudin Jakpus), Franciscus Xaverius Widiyantoro, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (31/3/2011) sore.

Pria yang akrab disapa Toro itu memaparkan, permintaan Dinas Pendidikan DKI mengenai penarikan tunjangan tersebut bermula dari temuan badan pemeriksa keuangan (BPK). BPK menemukan adanya tunjangan ganda yang diberikan kepada para guru swasta di Jakarta Pusat tersebut.

"Semua berawal dari temuan BPK, yang menemukan tunjangan ganda diberikan kepada guru," kata Toro.

Tunjangan ganda yang dimaksud adalah tunjangan fungsional guru non-PNS dan tunjangan profesi. Padahal, setiap guru yang telah disertifikasi secara otomatis tidak berhak menerima tunjangan tersebut, karena hak guru swasta yang telah disertifikasi adalah tunjangan profesi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.