Tim UGM Ikuti Kontes Robot di AS

Kompas.com - 01/04/2011, 12:26 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Tim robot dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta akan berangkat ke Amerika Serikat untuk mengikuti ”Trinity College Fire-Fighting Robot Contest” di Hartford, Amerika Serikat, tanggal 9-10 April 2011.

Tim robot Ironfire terdiri dari empat mahasiswa, yakni Farid Inawan, Noer Azis Ismail, Luiz Rizki Ramelan dari jurusan Teknik Elektro angkatan 2009 dan Wahyu Wijayanto jurusan Teknik Mesin angkatan 2008.

Ir Priyatmadi MT yang menjadi pembimbing dalam tim ini mengatakan, tim robot UGM berhak mewakili Indonesia dalam kontes robot tingkat dunia karena telah berhasil menjadi juara dalam Kompetisi Robot Nasional di Dome Universitas Muhammadiyah Malang, 2010 lalu.

”Indonesia kan mengirimkan dua tim dalam kompetisi di AS ini. Selain Ironfire dari UGM, juga akan diberangkatkan tim ASA dari ITB. Kedua tim ini adalah juara nasional dalam kompetisi robot di Malang 2010 lalu,” kata Priyatmadi.

Lebih lanjut Priyatmadi mengatakan, tim Ironfire UGM akan membawa dua robot untuk dipertandingkan. Persiapan matang telah dilakukan dengan melakukan penyempurnaan desain robot yang dipertandingkan di Malang sehingga mampu melakukan manuver lebih stabil.

Farid Inawan selaku koordinator tim mengatakan, untuk pertandingan di Hartford, robot-robot harus memadamkan lilin pada sebuah labirin. Letak lilin dan titik start robot akan diacak dengan sebuah sistem pengacak sehingga robot tidak akan tahu di mana titik start dan di mana letak lilin.

Robot cerdas ini merupakan prototipe robot pemadam kebakaran. Teknologi yang digunakan dalam robot ini dapat dikembangkan menjadi robot pemadam kebakaran. ”Kalau Pemerintah memiliki kepedulian lebih dan bersedia mendukung, sebenarnya teknologi ini dapat dikembangkan menjadi robot sungguhan untuk pemadam kebakaran,” ujar Priyatmadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.