Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Ingin Tarik 15 Ribu Pelajar Indonesia

Kompas.com - 04/04/2011, 12:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Melalui ACCESS America Higher Education Forum yang digelar Senin (4/4/2011), pemerintah Amerika Serikat dan Indonesia sepakat membentuk realisasi kerjasama komperehensif di bidang pendidikan seperti yang telah disetujui antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden AS Barack Obama pada November 2010 lalu. AS bertekad bisa meningkatkan jumlah pelajar Indonesia untuk studi ke AS hingga 15.000 pelajar.

"Tahun lalu Presiden Obama berkeinginan melipatgandakan pelajar Indonesia yang pergi ke AS, dan sekarang kami ingin mendukung dan mengorganisir rencana ini," U.S. Under Secretary of Commerce for International Trade, Francisco J. Sanchez, kepada wartawan, Senin (4/4/2011), di Jakarta.

Ia juga mengatakan, kegiatan di forum bertema "Advancing U.S - Indonesia Higher Education Exchanges and Partnerships" ini akan membantu cara mendaftar dan memudahkan pelajar mendapatkan visa untuk studi di AS. Kebutuhan informasi dan kemudahan tersebut diberikan melalui ACCESS Education Beyond, yaitu program bantuan pendidikan independen hasil kerjasama antara Putera Sampoerna Foundation dan Departemen Perdagangan AS.

"Kunjungan kami kali ini bertujuan untuk memfasilitasi kolaborasi antara universitas di AS dan Indonesia dalam riset ilmiah, pertukaran pelajar, dan fakultas maupun program lain yang dapat membangun kemampuan Indonesia untuk berkompetisi dalam persaingan global," jelas Sanchez.

Duta Besar AS untuk Indonesia Scott Marciel mengatakan, forum ini juga merupakan kesempatan besar bagi institusi pendidikan di kedua negara untuk menggali potensi pendidikan masing-masing. Menurutnya, peningkatan kerjasama di bidang pendidikan merupakan sasaran kedua negara. 

"Ini merupakan misi yang historis untuk belajar ke AS dan memperkuat kemitraan kedua negara," kata Marciel.

Berdasarkan data kependidikan di AS, pada tahun ajaran 2009/2010 tercatat sekitar 7.000 pelajar Indonesia di AS. Marciel mengatakan, empat tahun mendatang target itu akan berlipat ganda hingga mencapai 15 ribu pelajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com