Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 122.139 Pelajar SMA Ikuti UN

Kompas.com - 04/04/2011, 19:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 122.139 siswa tingkat SMA di DKI Jakarta akan menghadapi ujian nasional (UN) yang akan digelar serentak pada Senin (18/4/2011). Ribuan siswa tersebut terdiri atas siswa SMA sebanyak 53.937 siswa, madrasah aliyah (MA) sebanyak 4.679 siswa, SMK sebanyak 63.382 siswa, dan SMA luar biasa (SMALB) sebanyak 141 siswa.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudhi Mulyanto, Senin (4/4/2011), mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan proses pencetakan lembar soal. Menurut Teguh, DKI Jakarta menargetkan angka kelulusan mencapai 100 persen.

"Setelah lulus Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), proses pencetakan telah mencapai 75 persen. Target kami tahun ini 100 persen lulus," ujar Taufik saat dihubungi wartawan.

Tak berbeda dari tahun sebelumnya, untuk mencapai kelulusan setiap siswa harus memperoleh nilai minimal 5,5 dari enam mata pelajaran yang diujikan. Standar ini diakui Taufik mampu dilampaui siswa-siswi SMA di Jakarta. Untuk mencapai target kelulusan 100 persen, sejumlah langkah telah dilakukan, misalnya dengan menyelenggarakan ujian kompetensi yang dimulai sejak awal tahun untuk siswa.

Sebanyak empat kali ujian dilakukan, dengan rincian dua kali diselenggarakan pihak sekolah dan sisanya diselenggarakan Disdik DKI.

"Selain siswa, pendidik juga sudah kami bekali pemebedahan kompetensi kelulusan. Semoga upaya ini cukup untuk menyiapkan siswa di UN nanti," ujar Taufik.

Sementara itu, untuk mempersiapkan penyelenggaraan UN, Disdik DKI Jakarta telah menyiapkan lima jenis soal yang berbeda sehingga dalam satu kelas, siswa tidak bisa saling mencontek.

"Jika dalam satu kelas ada 20 siswa, berarti hanya ada empat siswa yang memiliki soal yang sama," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com