Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPK Penabur Juara Kompetisi Fisika

Kompas.com - 08/04/2011, 19:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim SMAK Gading Serpong BPK Penabur Jakarta meraih juara pertama Atma Jaya Science Fair 2011 di Kampus Semanggi Unika Atma Jaya, Jakarta, Jumat (8/4/2011). Dengan total nilai 7,59, tim tersebut mengalahkan lima tima lainnya.

Kompetisi berjalan sangat ketat. Skor dari tiap finalis hanya terpaut tipis. Terbukti, di posisi kedua ditempati tim  IPEKA Sunter dengan nilai 7,56 dan disusul urutan ketiga oleh SMAK 1 BPK Penabur dengan total nilai 7,5. Sementara itu, tim Santa Ursula dengan nilai 7,26 menduduki juara harapan pertama dan IPEKA Puri Indah dengan nilai 6,98 menduduki posisi harapan kedua.

Anggota dewan juri dari Pusat Penelitian (P2) Fisika LIPI, Nurfina Yudasari, mengatakan, tahap kompetisi fisika ini terbagi dalam dua tahap, yaitu cerdas cermat dan praktikum.

"Dalam cerdas cermat terdapat 18 soal rebutan. Jika benar mendapat nilai satu, jika salah dikurangi satu," kata Nurfina.

Koordinator dewan juri, Perdamean Sebayang, mengatakan cerdas cermat fisika dalam kompetisi ini bertujuan untuk menguji ketangkasan siswa dalam menjawab soal. Sementara untuk praktikum, para peserta diberikan enam modul soal tentang pengukuran volume, kecepatan gravitasi, menghitung sisi defraksi laser, dan lain-lainnya yang berbau eksperimen ilmu fisika.

"Tahap ini merupakan teknik kombinasi antara pengetahuan umum dan ilmu sains," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, enam sekolah, yaitu SMAK 3 BPK Penabur, SMAK 1 BPK Penabur, IPEKA Sunter, SMAK Gading Serpong, Santa Ursula, dan IPEKA Puri Indah, maju ke babak final Atma Jaya Science Fair 2011, Jumat. Kompetisi fisika tersebut digelar atas kerja sama LIPI dan Mahasiswa Fakultas Teknik Elektro Unika Atma Jaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com