Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepakbola Antarsiswi Cegah "Bullying"

Kompas.com - 09/04/2011, 19:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka mengampanyekan anti-bullying di sekolah, Plan Indonesia menggelar turnamen sepakbola siswi antar SMA/SMK se-Jakarta. Melalui turnamen yang diberi tema "Learn Without Fear", Plan mengajak masyarakat -  khususnya para pelajar, guru dan orang tua  - untuk menghilangkan segala bentuk kekerasan (bullying) di lingkungan belajar.

"Bullying di lingkungan sekolah akan menghambat proses belajar mengajar. Kami ingin mensosialisasikan kesadaran anti-bullying di sekolah, sekaligus menyalurkan potensi dan bakat anak perempuan melalui sepakbola,"kata Country Director Plan Indonesia, John McDonough, di Jakarta, Sabtu (9/4/2011).

Turnamen sepakbola antarsiswi merupakan pendekatan inovatif untuk mencegah bullying di sekolah, sekaligus mempromosikan hak-hak anak perempuan.

"Kami menggunakan program sepak bola siswi ini sebagai sarana untuk mengurangi kekerasan di sekolah," ungkap John.

John menilai, olah raga ini dapat membangun rasa percaya diri, kerjasama tim dan akan mengatasi semua penghalang yang dihadapi anak perempuan dalam mewujudkan seluruh potensi dan bakat mereka.

Turnamen sepakbola yang sedikitnya melibatkan 375 siswi dari 15 SMA/SMK di Jakarta, rencananya baru akan digelar (10,17, dan 24) pada April mendatang, di Gelanggang Mahasiswa Sumantri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta.

Babak final akan digelar pada 24 April 2011, di mana pada hari itu juga akan diumumkan empat pemain terbaik. Dari empat pemain terbaik tersebut, Plan Indonesia akan memilih tiga orang sebagai duta "Learn Without Fear" melalui girls footbal project.

Mereka yang terpilih akan dikirim ke Hamburg, Jerman pada Juni 2011 guna mengikuti pelatihan "leran Without Fear" dan menyaksikan Piala Dunia Sepakbola Perempuan 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com