Mendiknas: Kebocoran Mudah Ditelusuri!

Kompas.com - 11/04/2011, 10:58 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses pencetakan soal UN jenjang SMA/SMK/MA telah selesai dan siap didistribusikan sehari sebelum pelaksanaan ujian nasional (UN) 2011, yakni mulai 18 April mendatang. Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh menjamin, kebocoran soal akan mudah ditelusuri.

Pengawas dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Syaiful Bahri, misalnya, mengatakan bahwa naskah soal UN untuk wilayah Jakarta akan didistribusikan 17 April pagi.

"Khusus Kepulauan Seribu pada 17 April pukul 04.00," ujar Syaiful.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan Nasional mengatakan, jika sekolah berlaku curang dengan mendongkrak nilai ujian sekolah, sekolah tersebut akan dikenai sanksi.

"Nilai ujian sekolah bisa dihapus (nol) dan sekolah yang bersangkutan masuk daftar hitam," kata Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh seusai melakukan inspeksi mendadak ke Percetakan Balai Pustaka, Sabtu (9/4/2011), di Pulo Gadung, Jakarta.

Selain melihat hasil ujian nasional (UN), kelulusan siswa mulai tahun ini juga memperhatikan nilai ujian sekolah serta nilai rata-rata rapor semester 3, 4, dan 5.

Nuh mengatakan, percetakan merupakan salah satu titik rawan kebocoran soal UN. Untuk mengantisipasi kemungkinan bocor, pada setiap soal telah dibubuhkan kode khusus yang hanya diketahui orang-orang tertentu dari Kementerian Pendidikan Nasional, pengawas, dan percetakan.

"Jika ada soal yang bocor, mudah ditelusuri karena ada kode khusus. Bisa diketahui pula soal yang 'bocor' soal asli atau bukan. Yang penting masyarakat jangan terjebak spekulasi bahwa ada soal bocor," kata Nuh.

Selain antisipasi kebocoran soal, juga dilakukan antisipasi kecurangan melalui lima tipe soal dengan tingkat kesulitan sama. Dari 20 siswa dalam satu ruang kelas, hanya akan ada empat siswa yang mengerjakan soal yang sama.

"Ini semata-mata untuk meningkatkan kredibilitas UN. Teknis pengaturan soalnya random," kata Nuh.

Pembantu Rektor I Universitas Negeri Jakarta Supriyanto yang menjadi penanggung jawab pencetakan soal menambahkan, khusus untuk Provinsi DKI Jakarta telah dicetak delapan juta halaman soal untuk SMA/SMK/ MA. (LUK)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.