Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Nyaris Rubuh, Siswa Terancam

Kompas.com - 15/04/2011, 10:45 WIB

PINRANG, KOMPAS.com - Gedung SDN 276 Alitta, yang berada di Dusun Polejiwa, Kecamatan Mattirobulu, sekitar 16 kilometer dari jantung kota Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, kondisinya memprihatinkan. Kondisinya tak lebih dari kandang hewan.

Bangunannya hampir runtuh, atap tinggal separuh bagian dan lantai kelas yang hampir seluruh bagiannya rusak, menambah kumuh sekolah yang dibangun tahun 1982 ini.

Dari tujuh ruang yang ada, hanya satu ruang saja yang layak pakai. Akibatnya, murid kelas satu hingga kelas enam, mengikuti pelajaran di ruang kelas yang sama secara bersamaan, sehingga tak jarang murid tak fokus karena memperhatikan kelas lain. Jumlah murid yang dulu mencapai puluhan orang menyusut tersisa 15 anak saja.

Pussupa, warga setempat kepada Kompas.com Rabu lalu mengatakan, harapan warga setempat melihat anak-anak mereka mengenyam pendidikan layak, pupus sudah, seiring surutnya semangat anak-anak mereka yang enggan bersekolah lantaran buruknya kondisi bangunan, ditambah ulah para guru yang malas datang mengajar.

"Kami malu ketika tahu anak-anak kami hanya sedikit yang bisa baca dan tulis," katanya. Rani, salah satu murid kepada Kompas.com Kamis kemarin mengaku, jumlah temannya semakin sedikit, karena semakin banyak yang berhenti bersekolah. Ada yang memilih tinggal di rumah, dan sebagian memilih menyeberang ke daerah lain sebagai buruh tani.

"Kami harap bapak pemerintah memperbaiki sekolah kami, karena kalau tidak belajar kami akan terganggu," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pinrang Andi Mappanyukki mengatakan, sekolah tersebut baru bisa dibenahi pembangunannya pada tahun 2012 mendatang dengan alasan keterbatasan dana.

"Sekolah tersebut tetap kami perhatikan, tetapi baru bisa di perbaiki tahun 2012 mendatang. Soal gurunya yang malas, akan kami tegur," janjinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com