Kemdiknas Siap Dampingi Proses Hukum

Kompas.com - 15/04/2011, 17:37 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Empat pejabat Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) yang ditahan dugaan korupsi dana pelaksanaan lomba keterampilan siswa (LKS) SMK XVII dan pameran SMK saat ini telah melakukan pembelaan hukum melalui pengacara pribadi. Informasi tersebut disampaikan Inspektorat Jenderal (Irjen) Kemdiknas Wukir Ragil kepada Kompas.com, Jumat (15/4/2011), di Jakarta.

"Mereka telah melakukan pembelaan hukum, saya dengar mereka sudah membawa pengacara pribadi," kata Wukir.

Wukir mengatakan, Irjen Kemdiknas saat ini juga tengah melakukan koordinasi dengan biro hukum di kementrian tersebut. Menurutnya, keempat tersangka tersebut berhak didampingi secara hukum dalam proses pemeriksaan.

"Saat ini kita masih berkoordinasi dengan biro hukum mengenai perkembangannya, untuk itu kita belum bisa memberikan masukan kepada Pak Menteri," ujar Wukir.

Ditemui secara terpisah, Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal mengaku akan mendampingi para tersangka selama proses pemeriksaan. Ia juga sudah menyerahkan semua proses hukum pada ketentuan yang berlaku.

"Mereka bagian dari kita, dan kita akan dampingi selama proses pemeriksaan. Kita serahkan semua proses hukum sesuai ketentuan yang berlaku," ungkap Fasli.

Seperti diberitakan, Kamis (14/4/2011), Kejaksaan Agung menahan empat pejabat Kementerian Pendidikan Nasional terkait dugaan korupsi pelaksanaan lomba keterampilan siswa (LKS) SMK XVII dan pameran SMK yang digelar kementerian tersebut pada 20-24 Mei 2009. Kerugian negara ditaksir mencapai Rp 2 miliar atas perbuatan empat tersangka tersebut (Baca: Empat Pejabat Kemdiknas Ditahan Kejagung).

"Benar, mereka sudah resmi ditahan. Pukul setengah lima sore tadi," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum  Kejagung Noor Rachmad saat dihubungi di Jakarta, Kamis (14/4/2011), membenarkan penangkapan tersebut.

Adapun keempat tersangka yang ditahan itu adalah Joko Sutrisno (Direktur Pembinaan SMK Kemdiknas), Susilowati (Kasubdit SMK Direktorat Pembinaan SMK Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdiknas/Pejabat Pembuat Komitmen), Suko Wiyanto (Penanggung Jawab Kegiatan), serta Al Azhar (Bendahara Pengeluaran Pembantu).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.