SMS Kunci Jawaban Terus Beredar...

Kompas.com - 18/04/2011, 16:04 WIB
EditorLatief

MADIUN, KOMPAS.com — Pelaksanaan ujian nasional (UN) di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, diwarnai maraknya peredaran jawaban soal melalui pesan singkat (SMS). Kejadian itu meresahkan karena mengganggu konsentrasi para siswa yang sebelumnya sudah mempersiapkan diri menghadapi UN.

Peredaran jawaban melalui SMS tersebut mencuat di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kota Madiun. Para siswa mengaku menerima kiriman SMS dari nomor telepon seluler yang tidak dikenal. Pesan singkat itu dikirimkan kepada banyak siswa secara acak. Adapun waktu pengirimannya setelah jam ujian pertama dan menjelang jam ujian kedua.

Berdasarkan keterangan sejumlah siswa penerima pesan singkat jawaban tersebut, isi SMS tersebut terdiri dari dua mata pelajaran, yakni Sosiologi untuk Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Biologi untuk siswa Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam. Pesan singkat itu dikirim secara bersamaan kepada siswa berbeda dari kedua jurusan, yakni IPA dan IPS.

Widyasari, salah seorang peserta ujian dari SMAN 2 Kota Madiun, mengatakan, terkuaknya pengiriman jawaban soal UN melalui SMS itu disebabkan oleh longgarnya pengawasan. Ia menceritakan, walaupun sesuai ketentuan, peserta dilarang membawa telepon genggam, pada kenyataannya masih banyak yang mencuri-curi.

Koordinator Penyelenggara UN SMAN 2 Kota Madiun, yang juga menjabat Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Sudjadi, mengatakan, pihaknya tidak mengetahui peredaran jawaban soal UN melalui SMS tersebut. Ia membantah pengawasan yang dilakukan terhadap peserta sangat longgar sehingga telepon seluler bisa masuk ke dalam ruang ujian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.