Siswa Timika Perdalam di Surya Institut

Kompas.com - 18/04/2011, 16:45 WIB
EditorBenny N Joewono

TIMIKA, KOMPAS.com — Sejumlah siswa Timika, Papua, selama empat bulan terakhir memperdalam ilmu di bidang sains di Surya Institut Karawaci Jawa Barat sebagai bekal menghadapi ajang lomba Olimpiade Sains tingkat Provinsi Papua dalam waktu dekat.

Kepala SMA Negeri 1 Timika, Matheus Mamo di Timika, Senin (18/4/2011), mengatakan, ada dua siswa dari kelas 10 SMA Negeri 1, yakni Theresia Klorida W Ayomi dan Handri Takimai.

"Mereka sudah empat bulan berada di Surya Institut untuk persiapan menghadapi lomba Olimpiade Sains tingkat Provinsi Papua," kata Mamo.

Prestasi yang ditorehkan Theresia dan Handri tersebut sangat membanggakan SMAN 1 Timika dan terutama orangtua murid.

"Tentu kami semua bangga karena mereka berdua terpilih mewakili Mimika untuk dilatih di Surya Institut. Kami berharap hal ini dapat memotivasi siswa yang lain untuk mencetak prestasi yang lebih tinggi," kata Mamo.

Namun, secara keseluruhan, Mimika mengirim tiga siswa ke Surya Institut Karawaci untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi lomba Olimpiade Sains tingkat SMA se-Provinsi Papua yang akan digelar awal Juni mendatang.

Selain kedua siswa dari SMA Negeri 1 Timika tersebut, salah seorang peserta berasal dari SMA Advent Timika.

Selain mengirim siswa SMA, tahun ini Kabupaten Mimika juga mengirim empat siswa SD untuk dibina oleh Surya Institut Karawaci guna persiapan menghadapi ajang lomba olimpiade sains internasional.

Pengiriman empat siswa SD tersebut ke Surya Institut tidak lepas dari dukungan Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK).

Sekretaris Eksekutif LPMAK, Emanuel Kemong, mengatakan, empat siswa SD tersebut merupakan anak-anak asli suku Amungme dan Kamoro yang berasal dari SD YPPK Tipuka, SDI Ayuka, SDI Limau Asri-SP5, dan SDI Kwamki II Kwamki Baru Timika.

Menurut Emanuel, LPMAK terus berupaya mendukung perbaikan mutu pendidikan dasar di Mimika melalui perbaikan sarana gedung sekolah, ruang belajar, rumah guru, pengadaan buku-buku, dan pelatihan guru-guru bahkan mendirikan sekolah bekerja sama dengan lembaga terkait yang profesional di bidangnya.

Bahkan ke depan LPMAK berencana membuka sebuah sekolah hingga lembaga perguruan tinggi di Timika bekerja sama dengan Universitas Cenderawasih dan USTJ Jayapura.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.