425 Mahasiswa Asing Hadir di Unas

Kompas.com - 19/04/2011, 18:21 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 425 mahasiswa asing dari 62 negara yang mendapatkan beasiswa Darmasiswa, Selasa (19/4/2011) sore, tiba di Universitas Nasional (Unas), Pejaten, Jakarta Selatan. Kedatangan mahasiswa asing tersebut untuk menghadiri acara pembekalan yang tahun ini diadakan di Unas.

Disambut kesenian tradisional Betawi, para peserta program beasiswa Darmasiswa tersebut melakukan pawai dengan berjalan kaki dari Balai Rakyat Ps Minggu menuju Kampus Unas. Sesampainya di kampus, para mahasiswa asing tersebut juga disuguhkan dengan prosesi penyambutan khas masyarakat Betawi, seperti tradisi pencak silat "palang pintu", ondel-ondel, serta kuliner.

Darmasiswa adalah program beasiswa yang ditawarkan kepada pelajar asing dari sejumlah negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia untuk mempelajari bahasa, kesenian, musik, serta kerajinan khas Indonesia. Para peserta beasiswa tersebut dapat memilih satu dari 45 universitas yang tergabung dalam kerja sama program ini di seluruh Indonesia.

"Tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan dan meningkatkan ketertarikan mahasiswa asing terhadap bahasa dan budaya Indonesia. Program ini juga ditujukan untuk menyediakan link atau hubungan budaya serta kesepahaman yang lebih kuat di antara negara partisipan," kata Kepala Biro dan Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Ananto Kusuma, Selasa (19/4/2011), di Kampus Unas.

Adapun acara pembekalan tersebut akan berlangsung selama tiga hari, 19-21 April 2011. Setelah pembukaan di Unas, acara dilanjutkan dengan kegiatan kolaborasi kebudayaan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan ditutup oleh Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh di Kemdiknas, 20 April mendatang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.