Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karena Kurang, Soal Matematika Difotokopi

Kompas.com - 19/04/2011, 21:25 WIB

BOJONEGORO, KOMPAS.com — Hari kedua ujian nasional di Subrayon 06 Bojonegoro, Jawa Timur, tepatnya di Madrasah Aliyah Islamiyah Balen, Selasa (19/4/2011), terjadi kekurangan soal Matematika untuk 17 siswa dari 120 peserta ujian nasional.

Akhirnya, ada kebijaksanaan kekurangan soal diatasi dengan difotokopi dan pelaksanaan ujian molor satu jam lebih. Ujian nasional yang seharusnya dilaksanakan pukul 08.00 WIB baru dimulai pukul 09.15 WIB.

Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro masih merujuk silang informasi itu, tetapi polisi juga menyelidiki ke lokasi. Dalam petunjuk pelaksanaan atau penyelenggaraan ujian nasional tidak ada aturan fotokopi. Saat ini masih ditelusuri ide dan proses bagaimana soal itu digandakan dengan fotokopi.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro Hanafi menyebutkan, pada hari pertama ujian nasional rata-rata tiap sekolah mengalami kekurangan 2-5 soal, tetapi diatasi dengan soal cadangan.

Sementara itu, dari 12.249 peserta ujian nasional, yang terdiri dari 4.895 siswa SMA, 4.403 siswa SMK, dan 2.951 siswa MA, tercatat 51 siswa absen. Siswa yang absen terdiri dari 22 SMK, 17 siswa SMA, dan 12 SMA.

Di antara alasan tidak ikut ujian yang masuk berita acara 19 siswa absen karena sudah menikah, dua karena sakit, dua meninggal dunia, 13 drop out, 7 mengundurkan diri, dan selebihnya tanpa alasan dan dianggap mundur dari ujian nasional.

Sementara itu di Gresik, Komisi D DPRD setempat menemukan adanya indikasi penjualan lembar jawaban ujian nasional. Setiap salinan jawaban dijual Rp 55.000. Hanya saja saat ini masih ditelusuri itu jawaban asli atau palsu dan dari mana sumbernya. Peredaran jawaban itu bahkan juga terjadi di sekolah negeri favorit di Gresik.

Pada hari kedua, tim independen mendapati ketidaklengkapan soal, khususnya soal Matematika IPS kode 12 nomor urut soal 22. Hari pertama soal Biologi tertukar Kimia, soal Bahasa Indonesia tertukar Bahasa Inggris terjadi di SMA Negeri 1 Gresik, SMA Muhammadiyah 1 Gresik, SMA Muhammadiyah 2 Bungah. Di MA Tarbiyatul Sibyan, 20 soal Geografi masuk dalam sampul Sosiologi.

Dinas Pendikakan Gresik mencatat, sebanyak 16 siswa dari 12.074 peserta ujian di Gresik absen, terdiri 12 siswa MA dan 4 siswa SMA. Dua orang absen karena sakit selebihnya karena drop out dan sudah menikah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com