Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UN Makin Memperlihatkan Kesenjangan

Kompas.com - 20/04/2011, 13:12 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sebanyak 30 persen soal Bahasa Inggris di hari ketiga Ujian Nasional (UN), Rabu (20/4/2011), menggunakan media audio. Di sejumlah sekolah favorit hal ini bukan masalah, tetapi di sekolah berfasilitas minim hal in masih persoalan besar.

"Ini merupakan yang pertama kalinya, dari 50 soal yang diujikan, 15 soal di antaranya menggunakan media audio untuk mendengarkan soal dan mencari jawaban yang tepat," kata Ketua Panitia UN untuk SMA Negeri 5, H Kartini, di Makassar, Rabu (20/4/2011).

Menurutnya, untuk soal nomor 1 hingga nomor 15, siswa diperdengarkan kaset yang isinya sesuai pertanyaan dalam lembar soal tersebut. Agar dapat didengar oleh semua siswa peserta UN, lanjut dia, pihak sekolah menggunakan fasilitas audio center, sehingga suara bisa didengarkan di 15 ruangan ujian di sekolah itu.

"Penggunaan model tes TOEFL ini sudah lazim digunakan siswa kami, sehingga diharapkan tidak terlalu kaget," kata Mustafa, salah seorang guru SMA Negeri 5 Makassar.

Penggunaan sistem audio untuk menjawab 30 persen soal UN untuk siswa jurusan IPA dan IPS ini, tidak menjadi masalah di sejumlah sekolah favorit dan unggulan seperti SMA Negeri 5, SMA Negeri 17 dan SMA Negeri 1 Makassar. Namun, di sekolah-sekolah berfasilitas minim, seperti SMA Ade Irma Suriani Nasution (Irnas), SMA Syekh Yusuf Samman, atau SMA Abdi Pembangunan, ketikdaklengkapan fasilitas tentu menjadi persoalan.

"Fasilitas ruangan kelas saja sangat minim, di sana-sini bocor, bagaimana kami bisa memiliki perlengkapan audio untuk menunjang kemampuan Bahasa Inggris siswa?" kata Kepala Sekolah SMA Irnas, Makassar Kamaluddin Arfah.

Menanggapi soal ujian Bahasa Inggris tersebut, salah seorang siswa SMA Irnas Mahmud mengatakan, cukup sulit mengerjakan soal yang melatih pendengaran itu, karena mereka memang tidak pernah dilatih.

"Ruangan kelas kami saja sudah demikian kumuh, bagaimana bisa memiliki laboratorium bahasa," katanya.

Adapun mata pelajaran yang diujikan pada hari ketiga UN adalah Bahasa Inggris, baik untuk siswa jurusan IPA maupun IPS. Selanjutnya, mata pelajaran UN pada sesi kedua untuk siswa jurusan IPA adalah Kimia dan siswa jurusan IPS adalah Geografi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com