Mendiknas Harus Jelaskan Soal Kebocoran

Kompas.com - 21/04/2011, 16:21 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan meminta Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh untuk segera menjelaskan persoalan kebocoran soal dalam proses penyelenggaran Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah menengah atas (SMA) yang baru saja selesai Kamis (21/4/2011). Apalagi, lanjutnya, soal-soal yang bocor itu ternyata palsu.

"Banyak hal perlu diklarifikasi ke Mendiknas agar permasalahan isu bocor pelaksanaan UN harus disampaikan ke publik, karena ada isu bocoran soal itu palsu," katanya di Gedung DPR RI, Kamis (21/4/2011).

Taufik mengatakan akan segera berkoordinasi dengan Komisi X DPR RI untuk segera mempertanyakan persoalan soal UN yang selalu berulang setiap tahun. Menurut politisi PAN ini, Mendiknas sudah berupaya namun belum maksimal.

"Secara khusus, saya minta ke Mendiknas agar pola pencetakan soal ujian UN dibuat terobosan yang lebih aman untuk menghindari terjadinya kebocoran. Saya yakin, Mendiknas pasti sudah lakukan, tapi yang beredar kini malah ada bocoran palsu," tambahnya.

Taufik mengaku enggan berandai-andai di tingkat mana kebocoran soal itu bermula. Pasalnya, persoalan ini membutuhkan evaluasi dan penyelidikan dari kementerian sendiri. Kemdiknas diminta segera mengetahuinya dan mengantisipasi peristiwa ini dalam penyelenggaraan UN untuk siswa-siswi sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah dasar (SD) dalam pekan mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.