Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waduh, Siswa Diskusi Saat Ujian...

Kompas.com - 27/04/2011, 10:57 WIB

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Beragam praktik kecurangan masih terus mewarnai pelaksaan ujian nasional (UN) di Tanah Air. Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, misalnya, kecurangan tak hanya dilakukan dengan cara saling contek antarpeserta, tapi juga peserta saling berdiskusi di tengah ujian yang sedang berlangsung. Anehnya wartawan yang meliput jalannya ujian secara diam-diam malah mendapat pengawalan petugas.

Jika di sekolah lain para siswa tanpa malu-malu saling contek dengan sesama peserta, membuka SMS, hingga membuka "pelampung" alias catatan kecil, di SMP Negeri 6 Polewali para siswa malah saling berdiskusi di tengah ujian. Bolak-balik ke kiri, ke kanan, depan, dan belakang pun jadi pemandangan di tengah ujian. Maka jadilah arena diskusi tanpa moderator di tengah ujian.

Anehnya praktik ini berlangsung di depan mata pengawas ujian. Meski para pengawas ujian diberi hak veto untuk menindak siapa pun peserta ujian yang kedapatan berbuat curang, termasuk berhak melarang siapa pun masuk ruangan selama ujian berlangsung, kebanyakan pengawas memilih menjadi pengawas yang pasif.

Para pengawas memang telah mengimbau setiap peserta untuk tidak melakukan beragam praktik curang yang bisa menodai pelaksanaan ujian. Namun, peraturan dan pengawasan ketat tak membuat para siswa kehilangan akal untuk berbuat curang. Sejumlah guru di Polewali menyebutkan kesenjangan pendidikan kota-desa yang mencolok tentu sulit untuk mengukur kualitas pendidikan nasional secara merata.

Hingga hari ketiga, dari 6.439 peserta ujian yang terdaftar, terdapat 87 peserta yang tidak ikut ujian. Sebagian mereka beralasan sakit tanpa pemberitahuan dan menikah dini sebelum ujian digelar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com