SNMPTN, Unpad Sediakan 'Jaring Pengaman'

Kompas.com - 27/04/2011, 15:56 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

BANDUNG, KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran menyediakan semacam "jaring pengaman" bagi calon peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011. Program tersebut diberi nama Saringan Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP).

SMUP adalah jalur mandiri yang dilaksanakan Unpad untuk peserta SNMPTN. Namun, perbedaan dengan tahun lalu, para peserta SMUP tidak perlu mengikuti ujian tertulis lagi.

Cara tersebut juga diaplikasikan ITS Surabaya tahun ini meski dengan istilah yang berbeda. "Penentuan kelulusan SMUP didasarkan pada hasil peserta di SNMPTN," ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis SMUP, Dadi Suryadi, Rabu (27/4/2011).

Dengan mekanisme tersebut, ujar Dadi, berarti peserta SMUP haruslah sebelumnya mengikuti SNMPTN. Itulah sebabnya pendaftaran SMUP harus mencantumkan nomor peserta SNMPTN. Data peserta yang tidak lolos SNMPTN akan dicocokkan dengan peserta SMUP dan diurutkan berdasarkan peringkat.

Unpad menyiapkan 2.589 kursi melalui jalur mandiri ini. Dadi menyebut mekanisme tersebut sebagai efisiensi. Dengan demikian, peserta dari luar daerah tidak perlu datang ke Bandung hanya untuk mengikuti tes.

Mereka baru akan datang bila sudah dinyatakan diterima. Dia menyebut, penghematan biaya penyelenggaraan ujian jalur mandiri yang sudah berkurang 40 persen.

Formulir SMUP bisa didapatkan seharga Rp 150.000 dan pendaftaran dilakukan secara online di smup.unpad.ac.id.

Dadi menegaskan bahwa dua opsi jurusan di SMUP tidak harus sama dengan di SNMPTN. Begitu dinyatakan diterima, tidak ada perbedaan dengan mahasiswa yang masuk dari jalur SNMPTN.

Dadi menyebut peserta SMUP hanya membayar Dana Pembangunan yang sudah disepakati sebelumnya, minimal Rp 12 juta dan maksimal Rp 177 juta. "Besaran DP tidak menentukan lolosnya seorang peserta," kata Dadi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X