Unas Gelar Pekan Budaya Cina II

Kompas.com - 27/04/2011, 16:09 WIB
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Nasional melalui Program Studi Bahasa Mandarin, Fakultas Bahasa dan Sastra, mulai hari ini, Selasa (27/4/2011), menggelar Pekan Budaya China.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang mengusung tema "Explore The Friendship Indonesia-China", kali ini Pekan Budaya Cina II mengambil tema "Discovery China : Taste The Splendid of Culture, Art, Education and Tourism".

Menurut ketua panitia acara, Titi Rahardjanti, acara ini merupakan langkah penting untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dan China dalam bidang pendidikan. Karena menurut Titi, China saat ini telah berkembang menjadi salah satu kiblat ekonomi dan pendidikan di dunia.

"Selain itu, saat ini kan bahasa mandarin sedang booming. Nah, kita harapkan juga dengan diadakan acara ini mampu menggugah antusiasme di kalangan masyarakat khususnya para pelajar untuk mempelajari bahasa China," ujar Titi di Universitas Nasional, Jakarta, Rabu (27/4/2011).

Sementara itu, Rektor Unas, El Amry Bermawi Putera, dalam kata sambutannya, menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, Pekan Budaya Cina II, sangat ideal sebagai arena praktik dan menimba ilmu tentang China.

Selain itu, ia juga mengharapkan dengan diadakannya acara ini dapat meningkatkan hubungan antara kedua negara. "Karena China saat ini telah berkembang menjadi salah satu negara contoh dalam era globalisasi. Terutama dalam aspek kebudayaan dan pendidikan," tuturnya.

Dalam pembukaan acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan-perwakilan antar dua negara, yakni direktur sosial dan politik Kedutaan Besar China di Indonesia Mr. Wang Genhua, dan Ketua Lembaga Kerjasama Ekonomis Sosial dan Budaya Indonesia-China (LIC) Sukamdi Sahid Gitosarjono.

Acara ini direncanakan digelar dua hari hingga Kamis (28/4/2011) besok. Selain menampilkan beberapa pertujukan kebudayaan, seperti pameran buku, pertunjukan kaligrafi, lukisan serta foto-foto tentang China, dalam acara tersebut juga digelar pameran pendidikan yang diikuti 15 perguruan tinggi asal China.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X