Siap-siap, Liputan Khusus Edukasi 2011!

Kompas.com - 28/04/2011, 14:52 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua atau tiga bulan lagi tahun ajaran baru akan dimulai. Para orang tua akan segera sibuk, pengelola sekolah dan kampus juga sibuk, bahkan siswa/mahasiswa pun tak kalah sibuknya. Karena mulai kelas baru, sekolah baru, serta mimpi-mimpi baru para anak didik akan kembali meramaikan tahapan awal tahun akademik baru 2011 hingga 2012 mendatang ini.

Untuk itulah, pada pekan pertama Mei ini, Kompas.com akan menghadirkan Liputan Khusus (Lipsus) Edukasi 2011 yang akan menjadi jembatan informasi bagi para siswa, orang tua murid, pengelola sekolah, serta pembuat kebijakan untuk menyambut tahapan baru akademik 2011/2012 ini.

Namun, berbeda dengan Lipsus Edukasi sebelumnya, Lipsus kali ini secara khusus mengangkat tema "Education for Sustainable Development." Tema yang menggariskan, bahwa proses belajar yang baik bagi anak didik adalah memberikan kesempatan bagi siswa untuk berdebat, berdiskusi, melakukan refleksi, mengembangkan ide-ide baru, bersahabat dengan bumi, serta menjaga perdamaian antarsesama di Indonesia dan di dunia.

Melalui tema ini, arah pendidikan semakin diperjelas dengan tidak saja mengutamakan aspek-aspek akademik, tetapi juga nonakademik, seperti pembentukan karakter, kreativitas, seni, dan olahraga, yang selama ini masih kurang mendapat tempat. Pendidikan karakter akan menjadi tema yang berusaha memberikan pandangan mengenai berbagai jenis nilai hidup, mulai kejujuran, kecerdasan, kepedulian, tanggung jawab, kebenaran, keindahan, kebaikan, dan keimanan pada anak didik.

Adapun Lipsus ini akan menyajikan sejumlah subrubrik yang akan menekankan tentang pentingnya pendidikan karakter dan entrepreneurship untuk menjadi bahan pertimbangan bagi orang tua murid memilihkan sekolah atau perguruan tinggi bagi putra-putrinya. Sebuah pertimbangan yang menjadi bekal bagi peserta didik sejak dini (PAUD) hingga perguruan tinggi agar menjadi SDM berkepribadian tinggi, berwawasan Internasional dan IT well-known untuk membangun bangsanya di masa depan.

Pada subrubrik NEWS, akan disajikan sejumlah tulisan seputar dunia pendidikan, bersifat hard-news maupun feature, terutama terkait "Education for Sustainable Development.". Sementara pada subrubrik PROFIL, akan hadir sejumlah tokoh bidang pendidikan yang akan berbicara mengenai tema tersebut, mulai guru hingga dosen, dari seorang rektor sampai pengamat pendidikan, maupun pemilik industri/bisnis pendidikan itu sendiri.

Untuk memberi tambahan wawasan dan pengalaman, Lipsus kali ini juga mengetengahkan beragam TIPS seputar pendidikan, memilih sekolah/institusi pendidikan dan sebagainya, termasuk bagaimana guru atau orang tua siswa dalam mendampingi anak-anaknya agar lebih maju dalam menempuh pendidikannya. Tambahan lainnya adalah program-program CSR pendidikan yang ternyata penting untuk diketahui publik. Subrubrik ini didedikasikan kepada program-program CSR pendidikan yang menjunjung tinggi konsep ESD.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terakhir, sebagai cara untuk menjaga interaksi dengan pembaca rubrik Edukasi, Lipsus kali ini juga akan menampilkan KUIS dan tanya jawab atau Q & A seputar kebutuhan masyarakat soal pendidikan, seperti beasiswa, studi di luar negeri dan lain-lain. Tentu, ada hadiah-hadiah menarik bagi yang ingin terlibat untuk Lipsus ini.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.