Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Pelosok, Kemdiknas Andalkan TNI

Kompas.com - 29/04/2011, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan Nasional bekerja sama dengan TNI Angkatan Darat dalam gerakan nasional pendidikan anak usia dini (PAUD). Kerja sama itu diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh dan Kepala Staf  TNI AD Jenderal George Toisutta tentang perluasan layanan PAUD dan pendidikan keaksaraan.

"Kemdiknas memiliki keterbatasan-keterbatasan dan kami sangat bersyukur kehadiran TNI AD mampu dan terbukti menyelesaikan sebagian apa yang menjadi tugas Kemdiknas," kata Nuh Jumat (29/4/2011) pagi di Jakarta.

Nuh mengatakan, profesionalisme dan dedikasi tinggi TNI AD mampu untuk mengubah yang tak mungkin menjadi mungkin. Terlebih gerakan nasional PAUD difokuskan di beberapa daerah terpencil yang masih kekurangan sumber daya manusia (SDM), tenaga pengajar, serta sarana dan prasarana pendidikannya.

"TNI memiliki SDM luar biasa dan tersebar di seluruh penjuru serta berguna untuk memberikan perhatian khusus kepada desa-desa di pelosok," ujar Nuh.

Ia mengungkapkan, banyak ruang untuk mengembangkan kerja sama antara Kemdiknas dan TNI. Untuk itu, kerja sama diharapkan tidak hanya sampai di situ.

"Ini awal dari pintu masuk menuju kerja sama berikutnya. Kami bisa mengembangkan kerja sama di mana saja," kata Nuh.

Nuh bertekad, PAUD pada 2011 dijadikan sebagai gerakan nasional menyongsong 2045. Ia berharap, usia seratus tahun Indonesia merdeka itu sebagai fase meletakkan fondasi pilar-pilar berbangsa dan bernegara.

"Eksperimennya ada di 50 tahun pertama karena itu kita tak boleh eksperimen lagi pada 50 tahun kedua," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com