Membangun Karakter Kebangsaan Sejak Dini

Kompas.com - 29/04/2011, 11:28 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan, karakter kebangsaan menjadi hal penting dalam perkembangan sebuah bangsa. Dalam proses pembentukannya, karakter kebangsaan menjadi tugas bersama, terutama para penentu kebijakan.

Demikian diungkapkan Mendiknas Mohammad Nuh kepada Kompas.com, Jumat (29/4/2011), seusai penandatanganan nota kesepahaman antara Mendiknas dan Kasad TNI AD George Toisutta tentang perluasan layanan pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pendidikan keaksaraan. Nuh mengatakan, pembentukan karakter kebangsaan harus dimulai dengan membangun kecintaan kepada Tanah Air.

"Karakter yang ingin kita bangun adalah karakter cinta terhadap Tanah Air, itu yang paling mendasar," kata Nuh.

Nuh menambahkan, banyak cara untuk membangun karakter cinta Tanah Air. Salah satunya dengan mengenalkan bendera Merah-Putih dan lagu-lagu kebangsaan sejak PAUD.

"Karena esensinya adalah menumbuhkan kecintaan terhadap Tanah Air, pendidikan karakter kebangsaan memang harus dimulai sejak PAUD," ujarnya.

Seperti diberitakan, Kementerian Pendidikan Nasional bekerja sama dengan TNI Angkatan Darat dalam gerakan nasional PAUD. Terlebih gerakan nasional PAUD difokuskan di beberapa daerah terpencil yang masih kekurangan sumber daya manusia (SDM), tenaga pengajar, maupun sarana dan prasarana pendidikannya.

Menurutnya, PAUD pada 2011 ini dijadikan sebagai gerakan nasional menyongsong 2045. Ia berharap usia 100 tahun Indonesia merdeka itu sebagai fase meletakkan fondasi pilar-pilar berbangsa dan bernegara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.