Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membangun Karakter Kebangsaan Sejak Dini

Kompas.com - 29/04/2011, 11:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan, karakter kebangsaan menjadi hal penting dalam perkembangan sebuah bangsa. Dalam proses pembentukannya, karakter kebangsaan menjadi tugas bersama, terutama para penentu kebijakan.

Demikian diungkapkan Mendiknas Mohammad Nuh kepada Kompas.com, Jumat (29/4/2011), seusai penandatanganan nota kesepahaman antara Mendiknas dan Kasad TNI AD George Toisutta tentang perluasan layanan pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pendidikan keaksaraan. Nuh mengatakan, pembentukan karakter kebangsaan harus dimulai dengan membangun kecintaan kepada Tanah Air.

"Karakter yang ingin kita bangun adalah karakter cinta terhadap Tanah Air, itu yang paling mendasar," kata Nuh.

Nuh menambahkan, banyak cara untuk membangun karakter cinta Tanah Air. Salah satunya dengan mengenalkan bendera Merah-Putih dan lagu-lagu kebangsaan sejak PAUD.

"Karena esensinya adalah menumbuhkan kecintaan terhadap Tanah Air, pendidikan karakter kebangsaan memang harus dimulai sejak PAUD," ujarnya.

Seperti diberitakan, Kementerian Pendidikan Nasional bekerja sama dengan TNI Angkatan Darat dalam gerakan nasional PAUD. Terlebih gerakan nasional PAUD difokuskan di beberapa daerah terpencil yang masih kekurangan sumber daya manusia (SDM), tenaga pengajar, maupun sarana dan prasarana pendidikannya.

Menurutnya, PAUD pada 2011 ini dijadikan sebagai gerakan nasional menyongsong 2045. Ia berharap usia 100 tahun Indonesia merdeka itu sebagai fase meletakkan fondasi pilar-pilar berbangsa dan bernegara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com