PM China Sambut Kerja Sama Pendidikan

Kompas.com - 29/04/2011, 14:07 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com — Perdana Menteri China Wen Jiabao mengunjungi Universitas Al Azhar, Jakarta, Jumat (29/4/2011) siang. Pada kesempatan itu, PM China berdialog dengan sejumlah mahasiswa dan menyerahkan bantuan berupa buku-buku pelajaran pendukung untuk Pusat Bahasa Mandarin dan perangkat multimedia.

Wen Jiabao menyambut baik adanya kerja sama pendidikan dan budaya Indonesia-China melalui pusat-pusat bahasa Mandarin. Dalam kesempatan pertemuan sekitar satu jam yang juga dihadiri Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh itu, Wen Jiabao memberi kejutan dengan menyanyikan lagu berjudul "Ayo Mama".

Zuhal, Rektor Universitas Al Azhar, mengatakan, kunjungan PM China merupakan kehormatan.

"Nabi Muhammad menjelaskan, betapa tingginya ilmu pengetahuan China sehingga umat dianjurkan untuk belajar di negeri ini. Anjuran tersebut masih sangat relevan hingga saat ini bagi generasi muda Indonesia untuk belajar bahasa, budaya, dan ilmu pengetahuan China," kata Zuhal.

Sementara itu, menurut Wen Jiabao, untuk memahami China yang sesungguhnya bukan cuma lewat ilmu pengetahuan, tetapi juga dengan hati untuk saling memahami dan berkunjung langsung ke negeri China.

"Harus pakai otak, hati, dan kaki untuk mengenal China sesungguhnya," ujar Wen Jiabao.

PM China menilai, kampus Al Azhar merupakan perguruan tinggi Muslim inklusif, yang mengajarkan nilai-nilai keislaman dan ilmu pengetahuan modern. Menurut dia, Indonesia-China dapat bersahabat dan bekerja sama dengan saling pengertian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun menurut Zuhal, selain di Universitas Al Azhar Jakarta, Pusat Bahasa Mandarin ada juga di Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas Maranatha Bandung, Universitas Tanjungpura di Pontianak, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Negeri Surabaya.

Universitas Al Azhar sendiri menjalin kerja sama dengan Universitas Fujian Normal University di China. Saat ini ada beberapa dosen dari Kampus Fujian yang dikirim ke Indonesia, sementara sejumlah siswa program pascasarjana Universitas Al Azhar belajar di kampus Fujian, baik dengan biaya pribadi maupun beasiswa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.