Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM China Sambut Kerja Sama Pendidikan

Kompas.com - 29/04/2011, 14:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Perdana Menteri China Wen Jiabao mengunjungi Universitas Al Azhar, Jakarta, Jumat (29/4/2011) siang. Pada kesempatan itu, PM China berdialog dengan sejumlah mahasiswa dan menyerahkan bantuan berupa buku-buku pelajaran pendukung untuk Pusat Bahasa Mandarin dan perangkat multimedia.

Wen Jiabao menyambut baik adanya kerja sama pendidikan dan budaya Indonesia-China melalui pusat-pusat bahasa Mandarin. Dalam kesempatan pertemuan sekitar satu jam yang juga dihadiri Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh itu, Wen Jiabao memberi kejutan dengan menyanyikan lagu berjudul "Ayo Mama".

Zuhal, Rektor Universitas Al Azhar, mengatakan, kunjungan PM China merupakan kehormatan.

"Nabi Muhammad menjelaskan, betapa tingginya ilmu pengetahuan China sehingga umat dianjurkan untuk belajar di negeri ini. Anjuran tersebut masih sangat relevan hingga saat ini bagi generasi muda Indonesia untuk belajar bahasa, budaya, dan ilmu pengetahuan China," kata Zuhal.

Sementara itu, menurut Wen Jiabao, untuk memahami China yang sesungguhnya bukan cuma lewat ilmu pengetahuan, tetapi juga dengan hati untuk saling memahami dan berkunjung langsung ke negeri China.

"Harus pakai otak, hati, dan kaki untuk mengenal China sesungguhnya," ujar Wen Jiabao.

PM China menilai, kampus Al Azhar merupakan perguruan tinggi Muslim inklusif, yang mengajarkan nilai-nilai keislaman dan ilmu pengetahuan modern. Menurut dia, Indonesia-China dapat bersahabat dan bekerja sama dengan saling pengertian.

Adapun menurut Zuhal, selain di Universitas Al Azhar Jakarta, Pusat Bahasa Mandarin ada juga di Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas Maranatha Bandung, Universitas Tanjungpura di Pontianak, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Negeri Surabaya.

Universitas Al Azhar sendiri menjalin kerja sama dengan Universitas Fujian Normal University di China. Saat ini ada beberapa dosen dari Kampus Fujian yang dikirim ke Indonesia, sementara sejumlah siswa program pascasarjana Universitas Al Azhar belajar di kampus Fujian, baik dengan biaya pribadi maupun beasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com