Menjaga Kejujuran di Perguruan Tinggi

Kompas.com - 03/05/2011, 10:41 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com — Proses penyadaran diri adalah aspek penting dalam menanamkan pendidikan karakter di perguruan tinggi. Proses itu harus berjalan secara optimal. 

Demikian diungkapkan Henny Supolo Sitepu, pakar pendidikan dari Yayasan Cahaya Guru, Selasa (3/5/2011) di Jakarta. Namun, lanjut Henny, meskipun merupakan aspek penting dalam menanamkan pendidikan karakter, proses penyadaran diri itu harus juga diimbangi dengan refleksi dari pengalaman diri agar proses penanaman pendidikan karakter dapat berjalan optimal.

"Dalam cakupannya sendiri, ada beberapa hal yang sangat bisa dilakukan oleh lembaga pendidikan, baik tingkatan dasar, menengah, maupun perguruan tinggi. Kejujuran merupakan salah satunya," kata perempuan kelahiran Kediri, 16 September 1964, ini kepada Kompas.com.

Henny mengatakan, lembaga pendidikan bisa membantu penanaman kejujuran dengan memberikan kesempatan kepada setiap anak untuk bisa menyuarakan pendapat. Namun, di sisi lain, lembaga pendidikan juga harus bersikap tegas kepada pelanggar nilai-nilai yang perlu dijunjung.

Dalam hal kejujuran, Henny mencontohkan, seberapa jauh perguruan tinggi mencegah perilaku mencontek atau plagiat. Lalu, bagaimana sikap terhadap mahasiswa yang mencontek atau mahasiswa yang melakukan plagiat itu.

"Jika sekolah atau perguruan tinggi berperan secara optimal terhadap pelanggaran-pelanggaran seperti mencontek dan plagiat, saya kira hal tersebut merupakan salah satu cara menanamkan pendidikan karakter yang baik," jelas Henny.

Ia mencontohkan kasus pencabutan ijazah dan disertasi milik seorang doktor alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB), M Zuliansyah, terkait kasus plagiarisme pada 2010. Menurut Henny, kasus itu hanya salah satu contoh dari penanaman dan sikap lembaga pendidikan tinggi yang perlu dijaga, yaitu ketegasan dan kejujuran.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X